Agama

Kemenag buat layanan Quran berbasis teknologi

2.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
21:02
04 JAN 2017
Reporter
Ahmad
Sumber
Rimanews

Rimanews - Pemerintah akan membuat fasilitas pelayanan Al Quran dengan menggunakan basis teknologi. Fasilitas itu diharapkan bisa memudahkan warga untuk mengakses Quran.

"Kami ingin memudahkan akses masyarakat terhadap layanan yang menjadi tugas dan fungsi LPMQ. Karenanya, pada tahun 2017 ini, kami akan mengoptimalkan layanan berbasis teknologi informasi," kata Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ), Muchlis M Hanafi seperti dikutip kemenag.go.id, hari ini.

Berkantor di Bayt Al Quran Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, LPMQ selama ini memberikan pelayanan pentashihan Al-Quran. Semua Al-Quran yang akan diterbitkan dan atau diedarkan di Indonesia harus melalui proses tashih (pengecekan dan pemeriksaan) oleh LPMQ.

Doktor Tafsir Al Quran jebolan Universitas Al Azhar Kairo Mesir ini mengaku telah menyiapkan sejumlah program, antara lain menerbitkan Al-Quran Digital dalam tiga versi, yaitu android, website, dan IOS. Al-Quran digital ini sebenarnya sudah dirilis Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, 2016 lalu. Namun, LPMQ terus melakukan pengembangan agar layanan yang tersaji semakin baik dari waktu ke waktu.

LPMQ juga akan mengembangkan tashih online yang juga telah dirilis tahun lalu. Dengan proses pengembangan di tahun ini, Muchlis berharap layanan tashih online akan memudahkan penerbit dalam melakukan proses tashih. Selain itu, layanan tashih online juga diharapkan memudahkan masyarakat dalam ikut melakukan pengawasan. "Aplikasi layanan tashih online sudah disiapkan sejak tahun lalu dan diharapkan pada tahun ini sudah bisa diterapkan," ujarnya.

Layanan lainnya yang akan dikembangkan LPMQ pada tahun ini adalah konsultasi publik terkait penyempurnaan terjemahan Al Quran melalui media 'daring'. Terkait ini, Muchlis mengaku akan segera menyiapkan laman khusus untuk memudahkan masyarakat yang ingin berkonsultasi.

"Layaknya konsultasi, layanan ini juga akan dibuat interaktif. Layanan ini juga diharapkan menjadi saluran publik yang ingin memberikan saran dan masukan terkait terjemahan Al Quran," jelasnya.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
26 Juni 2017 | 07:05
Pengemis berkedok agama
25 Juni 2017 | 07:01
Pengayaan nurani di Hari Fitri
24 Juni 2017 | 06:03
Jalan tengah dalam beragama
22 Juni 2017 | 07:00
Orang sukses pasti mudik
20 Juni 2017 | 06:24
Menjemput taubat
17 Juni 2017 | 19:29
Keutamaan Ramadhan
29 Mei 2017 | 10:59
Romansa Ramadhan
28 Mei 2017 | 18:03
Buka puasa ala warga Istanbul
Agama