Agama

Kemenag siapkan tujuh program bantuan PTKI

6.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
09:40
12 APR 2017
Editor
Dhuha Hadiansyah
Sumber
Rimanews

Rimanews – Kementerian Agama melalui Direktorat Kemahasiswaan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) menyiapkan tujuh program bantuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan.

Tujuh Juknis bantuan yang disusun adalah Bantuan Lembaga Kemahasiswaan PTKI, Beasiswa Tahfidz Al Quran, Bantuan Pemagangan Mahasiswa, Bantuan Prestasi Akademik, Beasiswa Affirmasi Diktis, Bantuan Bidikmisi PTKIS On Going, dan Bantuan Bidikmisi PTKIS Rekrutmen Baru.

Untuk tranparansi dan kesepahaman bersama, Kemenag menyusun petunjuk teknis pemberian bantuan tersebut untuk memudahkan pelaksanaan, akses penerima bantuan, dan juga pengawasan dan pemeriksaan.

"Terpenting lagi adalah memudahkan masyarakat pengguna untuk mengkases dengan mudah," kata Direktur PTKI Nizar Ali saat menjadi nara sumber Workshop Penyusunan Petunjuk Teknis Bantuan Kemahasiswaan tahun 2017, di Jakarta, kemarin.

Dikutip dari laman resmi Kemenag hari ini, bantuan kemahasiswaan dimaksudkan untuk mendorong berkembangnya semangat belajar mahasiswa. Selain itu, bantuan juga harus mangkus dalam memfasilitasi kegiatan mahasiswa.

Nizar mencontohkan, Bantuan Lembaga Kemahasiswaan, harus mampu mendinamiskan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan di level DEMA, SEMA, UKM dan unit kemahasiswaan lainnya.

Terkait bantuan Tahfidz Al-Quran, Nizar minta agar itu benar-benar diberikan kepada mahasiswa yang sedang proses menghafal Al-Quran. Walaupun kita belum memberikan nominal yang banyak, namun setidaknya bantuan ini mampu mendorong para mahasiswa untuk gemar menghafal al-Quran, ujarnya.

Berkenaan Bantuan Prestasi Akademik, Nizar Ali menegaskan bahwa mahasiswa yang mempunyai prestasi non akademik seperti juara olimpiade, MTQ, Musabaqah Qiraatul Kutub, menulis dan pengembangan bakat lainnya harus mendapat prioritas. Even Pekan Ilmiyah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) dapat dijadikan instrument untuk mencari mahasiswa yang berprestasi, harapnya.

Juknis bantuan yang jelas dan operasional akan menolong ribuan mahasiswa dan civitas akademika PTKIN terfasilitasi dengan baik karena mampu mengakses informasi bantuan di Kementerian Agama RI. 

KATA KUNCI : , , ,