Agama

Keutamaan Ramadhan

2.8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:29
17 JUN 2017
Penulis
Andika Pratama
Sumber
Rimanews

Rimanews - Ramadhan adalah salah satu bulan istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Bulan Ramadhan merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketakwaan, dikarenakan bulan ini memiliki beberapa keutamaan.

1. Bulan diturunkannya Al Quran

Allah SWT menurunkan Al Quran di bulan Ramadhan. Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia, obat bagi kaum mukminin, membimbing kepada yang lebih lurus. 

Diturunkannya Al Quran menjadi bukti nyata kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan.

"Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya, dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur” [Al-Baqarah : 185]

Di ayat lain, Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam qadar” (QS. Al-Qadar: 1). Dan banyak ayat lainnya yang menerangkan bahwa Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan. Itu sebabnya bulan Ramadhan dijuluki dengan nama syahrul quran (bulanAl-Quran).

2. Bulan penuh berkah

Di bulan Ramadhan juga disebut juga dengan syahrun mubarak. Hal ini adalah berdasarkan pada dalil hadist Nabi Rasulullah SAW

"Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi).

Keberkahan di dalam bulan Ramadhan meliputi berbagai aspek, salah satunya adalah aspek ekonomi. Puasa memberikan bagi keberkahan bagi pedagang. Sedangkan, untuk fakir miskin juga mendapatkan berkah dari seorang muslim, di mana menjelang akhir Ramadhan diwajibkan membayar zakat.

3. Malam Lailatul Qodar

Pada 10 hari terakhir di bulan suci Ramadhan, ada satu malam yang sangat dinantikan yakni lailatul qadar (malam kemuliaan). 

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan," (QS.AlQadr:1-3).

4. Bulan pengampunan dosa

Allah SWT akan menghapus dosa-dosa hambanya di bulan Ramadhan selama kita menjauhi dosa besar.

"Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi”. (HR. Muslim).

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.(HR.Bukhari dan Muslim).

“Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan qiyam Ramadhan (shalat malam) dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”(HR.BukharidanMuslim).

5. Pintu surga dibuka dan ditutupnya pintu neraka

Keberkahan lain di bulan Ramadhan adalah dibukanya pintu-pintu surga dan pintu-pintu neraka ditutup serta setan dibelenggu. Dengan demikian, Allah SWT ingin hamba-hambanya untuk meraih amal shalih yang diperbuat di bulan puasa.

Jika kita melihat keutaman bulan Ramadhan, alangkah ruginya jika kita melalaikan perintah Allah SWT untuk sebulan penuh berpuasa di bulan suci Ramadhan.

KATA KUNCI : , ,
Terbaru
24 Juni 2017 | 06:03
Jalan tengah dalam beragama
22 Juni 2017 | 07:00
Orang sukses pasti mudik
20 Juni 2017 | 06:24
Menjemput taubat
17 Juni 2017 | 19:29
Keutamaan Ramadhan
29 Mei 2017 | 10:59
Romansa Ramadhan
28 Mei 2017 | 18:03
Buka puasa ala warga Istanbul
26 Mei 2017 | 17:16
MUI pantau tayangan Ramadhan