Pendidikan

6 Sifat Dasar Manusia

3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
14:00
18 DES 2016
Ilustrasi
Editor
Dhuha Hadiansyah
Sumber
Rimanews

Rimanews – Untuk memahami karakter masing-masing individu, kita akan kesulitan jika tidak mengenali sifat dasar manusia.

Sebagai mamalia paling pintar, manusia terkadang masih memiliki kesamaan sifat dasar dengan makhluk mamalia lain. Akan tetapi, pada tahap lebih maju, manusia tentu mempunyai kekhasan tersendiri dengan ciri-ciri khusus alamiahnya (state of nature).

Lantas, apa sajakah karakter dasar manusia tersebut?

1. Suka bermain

Sama seperti mamalia lainnya, state of nature manusia adalah bermain. Secara alami, manusia menyukai lelucon, humor, games, teka-teki, tebak-tebakan, bermain derama, dan hal lainnya yang bersifat main-main. Karakter ini tidak hanya terbatas pada anak-anak, manusia dewasa juga menyukai permainan dan membutuhan waktu bermain.

Dalam bermain ada latihan untuk bertahan dalam kehidupan, ada kreativitas, latihan berfikir out of the box, latihan bernegosiasi, latihan bersosialisasi: tentunya, bermain berarti bersenang-senang. Bermain juga dapat membuat manusia menjadi lebih sehat dan cerdas. 

2. Suka belajar

Secara alami, manusia menyukai hal-hal yang bersifat "science". Mereka ingin tahu rahasia langit, maka dilakukanlah expedisi luar angkasa. Dia ingin tahu apa yang ada di dalam bumi, maka dilakukanlah penelitian geologi yang membongkar dalaman bumi.

Bahkan, manusia ingin mengetahui Tuhan, maka lahirlah berbagai macam agama, ritual, tariqat, aliran spiritual dan kebatinan. Keingintahuan inilah yang membuat manusia selalu belajar. 

3. Pembuat undang-undang/aturan

Manusia adalah mamalia yang memiliki hukum paling lengkap, mulai dari hukum kenegaraan, hukum rumah tangga, aturan ekonomi, susila dan etika. Manusia juga merupakan satu-satunya hewan yang beragama.

Jadi, kalau tidak mau terikat dengan undang-undang, jangan marah jika ada yang mengatakan derajat kemanusian Anda berkurang.

4. Suka makan

Dalam hal makanan, manusia memiliki cita rasa dan seni khusus dalam memenuhi kebutuhan dasarnya ini. Ada yang omnivora, vegetarian, frutarian, dan lain-lain. Begitu juga cara memasaknya, ada yang memakai ritual-ritual husus, doa-doa. Begitu unik cara manusia dalam hal makanan.

Saking sukanya makan, manusia terkadang lupa jika tubuhnya sudah kelebihan lemak. Dengan alasan ingin cari makan, manusia terkadang lupa bahwa dia tetap harus taat aturan dan hukum

5. Eksklusivisme

Manusia suka dengan hal-hal yang eksklusif, karena itu menegaskan egonya dalam kepemilikan dan ekspansi dirinya. Misalnya, dalam percintaan, dia ingin pasangannya hanya dimiliki olehnya.

Demi mendapatkan eksklusivitas, manusia terkadang mengorbankan akal sehat. Misalnya, demi desain tas atau cincin dari brand ternama, orang rela membayar milyaran rupiah. Padahal, harga pembuatannya hanya jutaan.

6. Penggemar gosip

“Manusia adalah hewan berbahasa” adalah ungkapan populer dari filosof Islam al-Ghazali  (1058-1111) untuk menjelaskan diferensia manusia dengan hewan lain. Oleh karena itu, manusia sangat suka dengan gosip, bicara, diskusi, berdebat, puisi, sastra, dan lagu. 

KATA KUNCI : , ,
Terbaru
18 Maret 2017 | 20:40
Nasir: insinyur kok jadi wartawan
18 Maret 2017 | 06:45
Iklim pengaruhi bentuk hidung
15 Maret 2017 | 05:07
Kesulitan bersikap santun
11 Maret 2017 | 06:50
Kekejaman orang tua ke anak
Pendidikan