Pendidikan

50 Pemuda-Pemudi Terpilih dari Seluruh Dunia akan Berkumpul di Lombok, Indonesia

3.8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
09:40
02 FEB 2017
Editor
Deandra Saraswati
Sumber
Rimanews

Rimanews - Pada tanggal 09-12 Maret 2017, di pantai Klui, Lombok, NTB, akan diadakan acara Greeneration Friend of Earth (GFE). Acara yang diselenggarakan oleh yayasan Indonesia Global Network (IGN) ini akan mengumpulkan 50 pemuda-pemudi terbaik dari seluruh dunia yang memiliki minat di bidang lingkungan hidup.

Sebelum terpilih menjadi delegasi GFE, peserta harus melewati beberapa tahap seleksi. Tahap pertama ialah dengan mengisi formulir aplikasi online. Kemudian peserta harus mengikuti tes online yang berisi soal-soal TPA dan pengetahuan umum. Dari tes online tersebut akan dipilih 200 peserta dengan nilai terbaik.

Selanjutnya, 200 peserta terbaik diwajibkan untuk membuat video kampanye berdurasi 1 menit yang mengusung tema “Apa yang akan Aku lakukan sebagai Sahabat Bumi” yang akan dinilai oleh beberapa juri. Salah satunya adalah Yasmin Rasyid, pendiri Pop Tani Asia. Dari 200 peserta, hanya 100 peserta yang akan mengikuti sesi wawancara, hingga akhirnya terpilihlah 50 peserta terbaik yang akan menjadi delegasi dari program GFE ini.  

“Jadi kami ingin menjadi wadah bertemunya para generasi muda yang menyatakan diri peduli terhadap keberlangsungan lingkungan untuk masa depan. selain itu, program ini diharapkan mampu menjadi tempat bertukarnya ide ide kreatif para pemuda untuk menyelesaikan masalah lingkungan yang ada. Yang harus dipahami manusia adalah, manusia tidak dapat hidup tanpa Bumi, tapi Bumi ini, bisa tetap bertahan tanpa Manusia,” kata  Emen Ardiansyah, Project Officer dari GFE yang diluncurkan perdana pada tahun 2017 ini.

Selain itu, kegiatan yang akan dilakukan dalam rangkaian acara ini antara lain membuat Kerajinan Alami di Desa Banyumulek, Apresiasi Budaya Lokal Ramah Lingkungan di Desa Sade, proyek pembersihan sampah di Pantai Seger, Diskusi Lingkungan, Presentasi Proyek Lingkungan, Proyek Wawancara Turis serta Penanaman Bibit Pohon. (PR)

Terbaru
15 Juli 2017 | 07:00
Aksara di sekolah kita
12 Juli 2017 | 07:14
Hasrat memberi dan penghalangnya
4 Juli 2017 | 17:49
UGM temukan antibodi unggas
Pendidikan