Pendidikan

Kemenag gratiskan biaya pendaftaran MAN Insan Cendekia

4.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
21:40
05 FEB 2017
Ilustrasi
Editor
Dhuha Hadiansyah
Sumber
Rimanews

Rimanews - Kementerian Agama menggratiskan pendaftaran peserta didik baru (PPDB) untuk Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC), yang sudah dibuka sejak 1 sampai 25 Februari mendatang. Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan mengatakan bahwa PPDB MAN IC dilakukan secara online

"Tidak ada pungutan biaya dalam PPDB MAN IC. Bahkan, kalau sudah diterima, siswa MAN IC juga tidak dikenai biaya investasi atau biaya operasional apa pun," kata M. Nur Kholis Setiawan, dikutip dari laman resmi Kemenag, Minggu (05/02).

Menurutnya, siswa hanya dikenakan biaya personal yang diperuntukan keperluan siswa itu sendiri yang terdiri dari biaya asrama dan biaya makan. "Rata-rata dikenakan biaya pada kisaran Rp1juta sampai Rp1.5juta perbulan," jelasnya.

"Besarnya biaya personal itu disesuaikan dengan harga makan tiga kali sehari selama sebulan di daerah MAN IC itu berada," tambahnya.

Sampai saat ini, ada 20 MAN Insan Cendekia binaan Kementerian Agama, yaitu: MAN IC Serpong (Banten), MAN IC Gorontalo (Gorontalo), MAN IC Jambi (Jambi), MAN IC Aceh Timur (Aceh), MAN IC Ogan Komering Ilir (Sumsel), MAN IC Siak (Riau), MAN IC Paser (Kaltim), MAN IC Kota Pekalongan (Jateng), MAN IC Bangka Tengah (Babel), MAN IC Padang Pariaman (Sumbar).

MAN IC Bengkulu Tengah (Bengkulu), MAN IC Kota Batam (Kepri), MAN IC Tanah Laut (Kalsel), MAN IC Sambas (Kalbar), MAN IC Kendari (Sultra), MAN IC Kota Palu (Sulteng), MAN IC Sorong (Papua Barat), MAN IC Tapanuli Selatan (Sumut), MAN IC Lombok Timur (NTB), dan MAN IC Maluku Utara (Malut).

"Saya pastikan tidak ada biaya lain di luar biaya personal bulanan tersebut," ucapnya.

"Jika ada masyarakat yang menemukan praktik pungli dalam proses PPDB MAN IC, segera laporkan ke Kanwil Kemenag setempat atau ke Direktorat Pendidikan Madrasah agar bisa kami segera tindaklanjuti," tambahnya.

Kementerian Agama terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik bagi generasi bangsa. Bahkan, untuk memudahkan akses para peserta didik, PPDB tahun ini sudah bisa dilakukan secara online dengan mengakses alamat: https://ic.ppdbonline.id/.

"Pendaftaran juga bisa dilakukan dengan cara mengunduh aplikasi pada Google Play Store untuk dapat diinstal pada perangkat android," ujarnya. Aplikasi pendaftaran PPDB MAN IC dapat dicari dengan kata kunci "ppdb ic" di menu Play Store. Untuk memudahkan, bisa juga langung mengunjungi link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ppdbonline.manic melalui browser perangkat

PPDB MAN IC dapat dilakukan melalui dua jalur, yaitu: jalur Tes dan jalur Prestasi. Untuk jalur tes juga terbagi menjadi dua, yaitu jalur Reguler dan jalur Hafiz (hafalan Al Quran). Bagi peserta yang memilih jalur Hafiz akan diminta untuk mengisi formulir tambahan mengenai data hafalan Al Quran.

Sedangkan jalur prestasi merupakan jalur tanpa tes. Jika peserta dinyatakan memenuhi persyaratan sebagai siswa berprestasi, maka akan diterima di MAN IC secara langsung. Untuk itu, peserta yang memilih jalur prestasi diharuskan mengisi formulir tambahan mengenai data prestasi yang telah dicapai.

Saat mendaftar, lanjut M. Nur Kholis, peserta dapat memilih MAN IC sesuai kehendaknya, maksimum 2 lokasi.

Terbaru
15 Juli 2017 | 07:00
Aksara di sekolah kita
12 Juli 2017 | 07:14
Hasrat memberi dan penghalangnya
4 Juli 2017 | 17:49
UGM temukan antibodi unggas
Pendidikan