Pendidikan

Kemendikbud siapkan Rp 320 milyar untuk pelatihan pembuatan soal USBN

3.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:40
06 MAR 2017
Ilustrasi
Editor
Dhuha Hadiansyah
Sumber
Antara

Rimanews - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menganggarkan dana sebesar Rp320 miliar yang diperuntukkan bagi pelatihan pembuatan soal Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) 2017.

"Pelatihan guru diperuntukkan bagi kelompok kerja guru. Ada sekitar 6.000 guru yang dilatih," ujar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, Sumarna Surapranata, di Jakarta, hari ini.

Dia menjelaskan pada pelaksanaan USBN, hanya 25 persen yang menggunakan soal dari pusat. Sisanya soal yang dibuat oleh para kelompok kerja guru (KKG), khususnya oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Guru MGMP sebelum ditugaskan menyusun soal. Telah dilatih terlebih dahulu. Pasalnya, adanya skema USBN untuk meningkatkan kualitas guru dalam pembelajaran. Guru harus terbiasa membuat soal bernalar tinggi.

"Ada dua jenis soal yang dibuat oleh MGMP yaitu pilihan ganda dan uraian. Soal-soal tersebut digandakan dan dipakai untuk USBN dengan merujuk pada 25 persen butir jangkar soal titipan dari pusat sebagai standarisasi."

Para guru yang terlibat dalam pembuatan soal, tidak mengalami kesulitan karena mereka telah terbiasa menyusun soal dan dibantu oleh soal jangkar atau panduan.

"Pemerintah pusat hanya menganggarkan pelatihan guru MGMP dalam jumlah kecil. Dalam hal ini, satu kabupaten memiliki satu kelompok kerja guru yang dilatih pembuatan soal."

"Kemdikbud menyediakan anggaran untuk membiayai satu kelompok MGMP, tapi kami juga meminta daerah untuk membiayai , sehingga satu kelompok ini bisa digandakan."

Pemda dapat menggandakan atau melakukan replikasi guru untuk ujian sekolah (US). Pasalnya meski ada USBN, masih ada mata pelajaran yang tidak di USBNkan, misalnya Pendidikan olahraga maka guru- guru mata pelajaran yang tidak UN dan di USBN dapat menyusun soal untuk Ujian Sekolah.

KATA KUNCI : , , ,
Terbaru
18 Maret 2017 | 20:40
Nasir: insinyur kok jadi wartawan
18 Maret 2017 | 06:45
Iklim pengaruhi bentuk hidung
15 Maret 2017 | 05:07
Kesulitan bersikap santun
11 Maret 2017 | 06:50
Kekejaman orang tua ke anak
24 Februari 2017 | 05:00
Mengapa sampai salah memilih pasangan?
23 Februari 2017 | 05:00
Memaksa guru menulis