Pendidikan

Kebiasaan yang harus Anda buang jika ingin sukses

4.7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
10:57
13 MAR 2017
Ilustrasi
Editor
Dhuha Hadiansyah
Sumber
Rimanews

Rimanews – Supaya lebih sukses dalam hidup ada sejumlah kebiasaan yang harus Anda tanggalkan. Sukses dalam kasus ini tentu saja bermakna umum, karena definisi sukses tidak pernah tunggal.

Beberapa kebiasaan buruk tersebut dapat segera Anda hapus dari kehidupan, sebagaian lain mungkin membutuhkan waktu beberapa lama. Akan tetapi, yang jelas, kesuksesan adalah pilihan. Dikutip dari laman Quartz, berikut adalah kebiasaan buruk tersebut:

1. Gaya hidup tak sehat

Untuk meraih apa pun, Anda membutuhkan bantuan tubuh yang sehat. Untuk mencapai tubuh prima, yang Anda butuhkan adalah makan makanan yang sehat dan kegiatan fisik yang rutin.

2. Berpikir jangka pendek

Orang sukses selalu memiliki rencana jangka panjang, dan mereka tahu bahwa tujuan yang sudah dicanangkan akan tercapai dengan kebiasaan baik yang terus dipelihara. Kebiasaan ini bukan sesuatu yang Anda lakukan tetapi sesuatu yang menunjukkan siapa Anda. Ada perbedaan antara bekerja untuk sesuatu dan bekerja karena siapa sebenarnya Anda.

3. Bermain dalam partai kecil

Jika tidak pernah mencoba hal besar, potensi terbesar Anda tidak akan pernah terungkap. Jangan mudah puas berhasil melakukan hal-hal kecil.

4. Pemakluman

Orang sukses sadar bahwa dirinya bertanggung jawab dalam hidup tanpa memandang latar belakang dan kelemahan yang selama ini ada. Pemakluman hanya akan menghambat perkembangan Anda secara personal dan profesional. Sebagaimana kegagalan, keseksesan tidak pandang latar belakang.

5. Berpikir kaku

Sebagian orang percaya bahwa kecerdasan dan bakat tidak dapat dilawan. Sehingga, mereka menganggap jika sukses dan kepandaian adalah keruntungan, bukan sesuatu yang bisa diupayakan. Tentu saja, pandangan ini keliru. Apa pun di dunia ini bisa dipelajari dan diusahakan.

6. Percaya pada keberuntungan

Mendadak sukses adalah mitos. Kesuksesan itu berpola dan memerlukan usaha terus-menerus. Singkirkan kepercayaan bahwa sukses itu karena faktor keberuntungan.

7. Perfeksionis

Tidak ada yang sempurna, bagaimanapun upaya Anda. Banyak kesempatan akan hilang jika selalu menunggu saat yang tepat untuk melakukannya. Jadi, tidak perlu menunggu karena takut belum siap; lakukan sekarang sambil terus memperbaikinya.

8. Banyak keinginan

Terlalu banyak keinginan membuat Anda tidak fokus. Orang sukes akan selalu fokus kepada apa yang digeluti sampai dia menjadi ahli.

9. Ingin mengendalikan segalanya

Jangan merasa harus mengontrol semua hal, fokus pada sesuatu yang Anda kuasai. Setiap orang perlu diingatkan bahwa satu-satunya hal yang bisa dikontrol oleh dirinya adalah perilakunya. Tidak ada orang yang mahir dalam segala hal. Berikan kesempatan orang lain untuk menyampaikan gagasannya.

10. Membiarkan sesuatu yang tak mendukung tujuan

Orang sukses selalu bisa berkata “tidak” kepada apa pun yang tidak mendukung rencananya. Hal ini bisa berupa kegiatan, acara, teman, dan lain-lain.

11. Orang-orang beracun

Anda harus memastikan bahwa orang-orang di sekitar adalah mereka yang berkepribadian baik, secara personal dan profesional. Singkirkan mereka yang hanya menjadi benalu, pengemis, penganggu dan merecoki rencana-rencana Anda. Anda tidak butuh banyak teman, sedikit saja sudah cukup asalkan fungsional.

12. Hasrat ingin disukai

Apa pun yang Anda lakukan tidak akan mampu memuaskan semua orang. Fokus memperbaiki diri tanpa terlalu peduli dengan anggapan orang. Ingat bahwa penilaian orang belum tentu benar, dan bukan tugas Anda menyenangkan setiap orang.

13. Kecanduan TV dan sosmed

Masalah utama kita adalah sering berpikir bahwa kita selalu memiliki cukup waktu. TV dan medsos adalah penyakit masyarakat modern. Manfaatkan waktu untuk memperkaya warna dalam hidup Anda, ketimbang menjadi korban buzzer medsos atau menonton acara-acara sampah di TV.

KATA KUNCI : , , ,
Pendidikan