Pendidikan

Buku ajar bahasa Inggris kacau-balau keliaran di sekolah

2.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
12:26
17 MAR 2017
Dok: kutipan buku ajar bahasa Inggris untuk sekolah dengan tata bahasa yang tak berterima
Editor
Dhuha Hadiansyah
Sumber
Rimanews

Rimanews – Wajar jika pengajaran bahasa Inggris di Indonesia gagal. Pasalnya, ternyata tidak hanya para guru yang mengajar tanpa metodologi, tetapi buku ajar atau texbook-nya sendiri penuh masalah.

Hal itu misalnya yang menjadi bahasan di forum Oxford Living Dictionaries, yang di dalamnya seorang pemilik akun bernama rudiyanakemalpasha memposting kutipan dari sebuah buku ajar yang penuh dengan kekacauan.

Today Andi absent at school. He get sick dent,” bunyi paragraf pembuka dalam bacaan berjudul Hospital atau ‘rumah sakit’.

Postingan tersebut dimuat untuk membuktikan bahwa Indonesia belum siap dengan Kurikulum Bahasa Inggris berbasis teks (Genre Based Approach), karena ketidakmerataan kualitas guru, termasuk pemroduksi buku ajar itu sendiri.

Terpisah, dosen pendidikan bahasa Inggris UIN Jakarta, Zahril Anasy mengatakan, “Yang ingin dikatakan penulis mungkin ‘Hari ini Andi tidak masuk sekolah. Dia sedang sakit gigi’. Ini namanya menggunakan gramatika bahasa Indonesia dengan kosakata Inggris,” katanya saat dihubungi, hari ini.

Tak hanya kalimat pembukanya yang kacau, di beberapa tempat penulis juga menggunakan kosakata Indonesia yang di-Inggris-kan. Pada kalimat kelima tertulis “After check, Andi given recep with the dokcor and after that he go to the apotic to take a medicine.”

“Kata recep dan apotic tentu tidak dikenal di kamus bahasa Inggris,” kata Zahril.

Sayangnya, rudiyanakemalpasha tidak menyebutkan buku tersebut terbitan apa dan digunakan di daerah mana saja.

“Akan tetapi, hal ini harus menjadi perhatian pemerintah supaya ada pengawasan terhada buku ajar yang digunakan di sekolah-sekolah. Selama ini saya amati penerbit bebas menjual buku mereka ke sekolah-sekolah,” ujar Zahril.

Terbaru
18 Maret 2017 | 20:40
Nasir: insinyur kok jadi wartawan
18 Maret 2017 | 06:45
Iklim pengaruhi bentuk hidung
15 Maret 2017 | 05:07
Kesulitan bersikap santun
11 Maret 2017 | 06:50
Kekejaman orang tua ke anak
24 Februari 2017 | 05:00
Mengapa sampai salah memilih pasangan?
23 Februari 2017 | 05:00
Memaksa guru menulis