Pendidikan

DPR harap UN berjalan lancar

7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
13:45
10 APR 2017
Reporter
Zul Sikumbang
Sumber
Rimanews

Rimanews - Anggota Komisi X DPR RI, Reni Marlinawati berharap Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang serentak hari ini berjalan baik dan lancar, dibanding USBN di tingkat SMK pada pekan lalu.

"Sejumlah catatan penting saat pelaksanaan USBN SMK seperti persoalan ketersediaan komputer, jaringan internet yang terkendala, serta pasokan listrik menjadi penyebab jalannya USBN tingkat SMK menjadi terganggu. Oleh karenanya, saya berharap hal semacam itu jangan sampai terjadi lagi dalam USBN tingkat SMA ini," kata Reni di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (10/04/2017).

Konsep USBN yang materi soalnya  mayoritas bersumber dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) jangan sampai mengurangi kualitas pelaksanaan USBN ini.

"Potensi kebocoran soal USBN harus ditekan hingga benar-benar tidak ada peluang kebocoran soal USBN tersebut. Jangan karena ingin kualitas sekolah agar dianggap bagus, langkah-langkah yang tidak terpuji dilakukan misalnya membocorkan soal  USBN untuk anak didik. Langkah tersebut tentu bertentangan dengan hukum serta mengajarkan hal yang tidak baik untuk anak didik,” katanya.

Reni meminta pemegang kebijakan USBN ini untuk senantiasa mengontrol secara ketat setiap tahapan pelaksanaan USBN ini agar sesuai dengan aturan main yang berlaku. “Pemerintah pusat harus senantiasa memastikan kerja dinas pendidikan di daerah agar bekerja sesuai dengan tupoksinya.  Potensi ruang kebocoran soal USBN harus ditutup dan dicegah sedemikian rupa," kata Ketua Fraksi PPP itu.

USBN ini, sambungnya, bukan hanya sekadar untuk melakukan pemetaan terhadap mutu pendidikan, tapi juga untuk menguji integritas dan kejujuran siswa.

"Oleh karena itu, semua pihak harus memiliki komitmen yang sama agar pelaksanaan USBN ini dilaksanakan secara jujur agar menghasilkan siswa yang bermoral dan berintegritas," ujarnya.

KATA KUNCI : , , ,
Terbaru
Pendidikan