Pendidikan

Tips cegah anak jadi korban atau pelaku bullying

4.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:34
17 JUL 2017
Ilustrasi
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Bullying kembali ramai diperbincangkan setelah terjadi dua kasus yang menimpa siswi SD dan mahasiswa berkebutuhan khusus Universitas Gunadarma.

Oleh karena itu, psikolog anak dan keluarga, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., Psi., memberikan beberapa kiat kepada para orangtua agar anak tak menjadi korban atau bahkan pelaku bullying.

Pertama, orang tua perlu membiasakan anak dan anggota keluarga untuk saling menghargai.

"Dari keluarga dapat dibiasakan bagaimana menghargai satu sama lain tanpa merendahkan, misalnya hilangkan kebiasaan kakak mencemooh adik dan lainnya," kata Vera, Senin (17/07/2017), seperti dikutip dari Antaranews.

Para pendidik, guru maupun orangtua, juga harus menyiapkan atau memberi penjelasan soal anak berkebutuhan khusus (ABK).

Hal ini dilakukan untuk menghindari bullying di lingkungan sekolah oleh siswa kepada rekan mereka yang berkebutuhan khusus. 

"Mereka semestinya juga menyiapkan anak lainnya tentang kondisi teman mereka yang berbeda. Buat mereka paham sehingga dapat turut membantu, bukan malah membully," kata Vera. 

"Bagi anak yang non-ABK, ini tentunya membawa manfaat di mana mereka belajar memahami dan membantu teman lainnya yang punya kondisi khusus sehingga empati pun sangat terasah," sambung dia. 

Kedua, ajarkan disiplin positif di rumah dan orangtua agar perlu lebih banyak meluangkan waktu bersama anak sembari memantau sosialisasi mereka. Ketiga, bantulah anak mengenal atau mengembangkan minat dan bakatnya. 

"Hargai langkah-langkah kecilnya. Beri contoh bagaimana Anda menghadapi kemarahan atau masalah," tutur Vera. 

Keempat, cobalah berdiskusi bersama anak cara menghindari atau menghentikan orang yang menganggu. 

"Ajarkan dia cara berdiri sendiri. Tingkatkan kepercayaan diri mereka dan buatlah sikap asertif sebagai kebiasaan," pungkas Vera. 

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
27 Juli 2017 | 13:03
Melonggarkan aturan keluarga
15 Juli 2017 | 07:00
Aksara di sekolah kita
12 Juli 2017 | 07:14
Hasrat memberi dan penghalangnya
4 Juli 2017 | 17:49
UGM temukan antibodi unggas
Pendidikan