Peradaban & Sejarah

KBRI gelar diplomasi kuliner di Azarbaijan

2.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
23:05
04 JAN 2017
Editor
Dhuha Hadiansyah
Sumber
Rimanews

Rimanews - KBRI Baku, Azarbaijan, menggelar malam kuliner untuk mempromosikan Indonesia kepada para selebritas, tokoh masyarakat dan media setempat. Rendang, bakwan, ikan pesmol, mie bakso dan onde-onde menjadi primadona sekitar 50 tamu undangan.

Sebelum mencicipi hidangan kuliner Indonesia tersebut untuk makan malam, demo masak dilakukan. Ganira Pashayeva, anggota parlemen Azerbaijan dan ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan KBRI Baku memeragakan cara memasak hidangan Indonesia yang disajikan dua hari lalu itu.

Nama-nama ternama di Azerbaijan seperti penyanyi Aybeniz Hashimova dan Nuriyye Huseynova, fashion designer Gulnara Khalilova, composer ternama seperti Aygun Samadzade dan Sevinch Tofiggizi, atlet paralimpics Ilham Zakiyev, hadir khusus untuk mencicipi kuliner Indonesia.

“Indonesia sangat kaya akan tradisi kuliner yang beragam, tersebar dari tradisi kuliner beratus pulau di Indonesia,” demikian pujian Prof. Amiraslanov Tahir Idris, Presiden Asosiasi Kuliner Nasional Azerbaijan, dikutip dari laman Kemenlu.go.id.

Kegiatan malam itu merupakan kerjasama antara Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Azerbaijan dengan Ganira Pashayeva guna memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

“Indonesia merupakan teman, saudara terbaik Azerbaijan selain Turki,” jelas Ganira Pashayeva menjelaskan motivasinya untuk acara tersebut.

Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan, Husnan Bey Fananie, menambahkan, “Selain untuk memperat people to people contact antara Azerbaijan dan Indonesia, acara ini adalah kesempatan kuliner Indonesia untuk menggebrak pasar Azerbaijan.”

Menurut Duta Besar RI, sampai saat ini masakan Asia Tenggara belum banyak dirasakan kehadirannya di Azerbaijan, masakan Asia lainnya seperti Jepang dan Tiongkok pun masih terbilang terbatas.

“Ini merupakan peluang Indonesia, khususnya dengan membawa konsep kuliner Indonesia sebagai kuliner Halal. Pasti tidak sulit bagi makanan Indonesia untuk mengambil hati penduduk Azerbaijan yang mayoritas berpenduduk muslim seperti Indonesia,” tambahnya.

Terbaru
17 Maret 2017 | 22:17
Arkeolog temukan patung Firaun
Peradaban & Sejarah