Seni & Sastra

Karya seni pelukis Indonesia tampil di Paris

881
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:32
16 FEB 2017
ilustrasi lukisan milik pelukis Indonesia
Reporter
Ahmad
Sumber
Antara

Rimanews - Lukisan potret Salvador Dali karya pelukis Indonesia Ronnie Jiang (40) termasuk di antara karya-karya yang tahun ini dipilih tim Société des Artistes Français untuk ditampilkan dalam pameran di Grand Palais, Paris, selama 15 sampai 19 Februari.

"Aku sangat senang bisa terseleksi di Société des Artistes Français ini, karena ada teman artis yang sudah mencoba beberapa kali tapi tidak tembus-tembus dan mereka memang sangat ketat," ujar Ronnie, yang tinggal di Paris, Kamis.

Lukisan jam lumer karya Dali menginspirasi Ronnie untuk membuat lukisan potret sang maestro dengan konsep lukisannya.

"Saya tidak melukis potret biasa, melting clock-nya mengingatkan aku akan dia. Jadi kenapa tidak melukis dia dengan bentuk jam lumer itu? Voila," ujar Ronnie. 

Lukisan akrilik potret Salvador Dali pada kanvas berukuran 60cm x 60cm yang dibuat Ronnie tahun 2015 ditampilkan di Grand Palais bersama karya pelukis lain setelah dipersiapkan selama dua pekan.

Ronnie menuturkan awalnya dia hanya mengikuti kelas melukis dua jam dalam sepekan selama setahun karena belum punya pekerjaan saat pindah ke Paris. Namun dia kemudian menekuni hobi itu.

Sejak 2013, Ronnie menjadikan melukis menjadi profesi dan mengikuti berbagai pameran. Karyanya pertama kali ditampilkan di London. 

Usai pameran, Ronnie mantap menjadi seniman, lalu mencetak kartu, membuat halaman penggemar di media sosial dan situs, serta rutin mengikuti pameran di London maupun di Paris.

Desember tahun lalu karya Ronnie tampil Salon des Arts Plastiques Arts-Sciences-Lettres di Galerie Thuillier, Paris. 

Dan hampir setiap bulan sepanjang tahun ada karya Ronnie yang dipamerkan di galeri dan gedung pameran di Paris, London, New York, Wina, Bukares, Brussels,  Sarria, Samos, juga Romania, dan Spanyol.

Karya Ronnie juga hadir dalam ajang Salon International du Portrait Château de Saint Jean le Blanc dan meraih penghargaan di Royal Arts Prize Winners Summer Exhibition, La Galleria Pall Mall & Royal Opera Arcade Gallery, London, serta menjadi Finalist New Art Wave Expo, Cotai Venetian Macao.

Ronnie, yang belajar melukis dengan Olympe Routis, bercita-cita bisa memamerkan karyanya di Indonesia. Kini dia sedang mencari galeri yang bisa menampilkan karyanya dan menggelar pameran solo.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
23 Februari 2017 | 20:49
Waldjinah ingin ada penerusnya
11 Februari 2017 | 10:00
Bisa paling mematikan, Dongeng Atisura
Seni & Sastra
Berita Terkait