Seni & Sastra

Bob Dylan akan terima Nobel Sastra dalam pertemuan tertutup

4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
08:45
30 MAR 2017
Bob Dylan
Editor
Dhuha Hadiansyah
Sumber
Antara

Rimanews - Bob Dylan, penulis lagu asal Amerika Serikat yang memenangi Hadiah Nobel Sastra pada 2016, dijadwalkan menerima penghargaan tersebut dalam pertemuan sederhana di Swedish Academy di Stockholm akhir pekan ini. Pertemuan akan berlangsung sederhana, hangat dan tertutup bagi awak media. 

Belum ada kejelasan soal apakah Dylan akan memberikan ceramah, seperti yang diwajibkan kepada para pemenang sebelum mereka bisa mendapatkan hadiah uang senilai hampir 900.000 dolar AS (Rp11,9 miliar) itu, kata Swedish Television dalam laporan yang disiarkan kemarin.

Dylan tidak hadir saat upacara penyerahan hadiah pada 10 Desember tahun lalu. Sebagai pengganti kehadirannya, ia mengirimkan sahabatnya sesama artis, Patti Smith. 

Selama ini, banyak spekulasi bertebaran soal apakah Dylan akan memberikan ceramah pada akhir pekan ini karena ia akan tampil dalam dua konser di Stockholm. 

Namun Sara Danius, sekretaris permanen Swedish Academy, menulis dalam jurnal daringnya, Rabu, bahwa tidak ada ceramah yang dijadwalkan berlangsung akhir pekan ini. 

"(Swedish) Academy memiliki keyakinan bahwa versi rekaman akan dikirimkan kemudian," tulisnya. 

Pemenang Hadiah Nobel terakhir yang memberikan ceramah melalui rekaman adalah Alice Munro pada 2013. 

Swedish Academy merupakan lembaga yang memberikan penghargaan Hadiah Nobel bidang sastra.  Sertifikat Hadiah Nobel dan medali Hadiah Nobel akan diserahterimakan dalam pertemuan tersebut. 

Para pemenang Hadiah Nobel diwajibkan memberikan ceramah dalam waktu enam bulan terhitung dari tanggal 10 Desember 2016 untuk dapat menerima hadiah uang. Setelah 10 Juni, hadiah uang akan hangus.

Terbaru