Bisnis

Indonesia Catat Rekor Lelang Kopi di Expo Amerika Serikat

1.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
11:19
19 APR 2016
Dok. Pengolahan kopi tradisional
Editor
Davi Harjoto
Sumber
Antara

Rimanews – Indonesia catat rekor pelelangan kopi di ajang Specialty Coffee Association of Amerika (SCAA) Expo di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat yang membukukan nilai transaksi sekitar USD 11.900 atau sekitar Rp 160 juta rupiah. 

"Seluruh 17 kopi pilihan yang dilelang habis terjual hanya dalam waktu tiga jam," kata Atase Perdagangan Washington DC, Reza Pahlevi Chairul, dalam siaran pers yang diterima, Senin (18/04/16). 

Kopi terbaik yang berhasil dijual dalam lelang adalah kopi dari Gunung Puntang, Jawa Barat, yang dimenangkan oleh Phil Goodlayson dari Corvus Coffee, Denver, dengan harga jual tertinggi 55 dolar AS per kilogram atau berkisar Rp750.000 per kg.

"Ini adalah rekor terbaru lelang kopi Indonesia," ujar Reza.

Tujuh belas specialty coffee yang dilelang adalah Gunung Puntang, Mekar Wangi, Manggarai, Malabar Honey, Atu Lintang, Toraja Sapan, Bluemoon Organic, Gayo Organic, Java Cibeber, Kopi Catur Washed, West Java Pasundan Honey, Arabica Toraja, Flores Golewa, Redelong, Preanger Weninggalih, Flores Ende, serta Java Temanggung. 

Total nilai transaksi kopi Indonesia pada ajang Specialty Coffee Association of America (SCAA) Expo 2016 di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat (AS), mencapai USD 35 juta atau setara dengan 392 kontainer dan diperkirakan nilai transaksi tersebut akan terus meningkat.

Transaksi kopi Indonesia yang membukukan transaksi hingga mencapai USD 35 juta untuk 392 kontainer tersebut, merupakan total transaksi yang diperoleh dari transaksi di arena pameran, MoU, dan hasil lelang yang diperkirakan, transaksi akan terus bertambah hingga beberapa bulan ke depan. 

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
28 Maret 2017 | 08:50
Harga minyak mentah dunia turun
19 Maret 2017 | 07:10
Pebisnis harus berpikir tak biasa