Bisnis

Tahun 2017, 100 Ribu Keluarga Tersalurkan Gas Alam

2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:31
20 DES 2016
Ignasius Jonan
Reporter
Ahmad
Sumber
Rimanews

Rimanews - Pemerintah akan terus meningkatkan fasilitas penyaluran gas alam ke rumah-rumah tangga. Hal itu dinilai sangat membantu rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan akan gas alam.

"Saya sudah perintahkan kepada Direktur Jenderal Minyak Dan Gas Bumi coba bikin 100.000 SR, harganya coba diefisienkan dan juga di realokasi yang lain," kata Menteri ESDM Ignasius Jonan, seperti dikutip esdm.go.id, Selasa (20/12/2016).

Program Jaringan gas rumah tangga melalui pipa merupakan bagian dari program prioritas nasional, program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan sumber energi yang murah dan ramah lingkungan bagi masyarakat sekaligus konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG).

Sampai tahun 2015 pemerintah sudah menyambungkan 7.636 jaringan gas alam ke beberapa keluarga di sejumlah daerah. Sedangkan di tahun 2016, pemerintah mencapai angka 88.915 keluarga tersalurkan jaringan gas alam. 

Menurut Jonan, penggunaan gas rumah tangga melalui gas kota memberikan dampat ekonomi yang cukup besar bagi masyarakat terutama untuk bahan bakar rumah tangga. Dengan menggunakan gas kota masyarakat dapat mengurangi separuh biaya yang harus dikeluarkan dibandingkan jika menggunakan gas tabung. 

"Biaya untuk masak dan segala macam bisa kurang separuhnya, hematnya mungkin 30 hingga 50.000  sebulan tapi besar sekali kalau untuk kelas menengah kebawah, jadi mohon dukungannya," jelas Jonan.

Terbaru
Bisnis