Bisnis

Merauke ingin bentuk BUMD Perikanan

1.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
22:04
15 FEB 2017
Reporter
Ahmad
Sumber
Antara

Rimanews - Bupati Merauke Frederikus Gebze ingin membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) khusus untuk memasarkan hasil perikanan agar mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD) yang signifikan. 

"Kita perlu membentuk yang namanya badan usaha milik daerah dahulu. Kalau ada BUMD, nanti badan itu yang mencari pasar," kata Frederikus Gebze di Merauke, hari ini.

Sumberdaya kelautan selama ini hanya dipandang sebelah mata dan dalam pemanfaatan sumberdaya kelautan tidak dilakukan secara profesional dan ekstraktif, sehingga tidak mengherankan apabila sektor ekonomi kelautan hanya berkontribusi kecil terhadap PDB Indonesia yakni sekitar 25 persen.

Menurut dia, hasil perikanan Merauke sudah dikirim ke beberapa kabupaten di Papua namun pengiriman dilakukan oleh pengusaha sehingga hasil yang diperoleh pemkab hanya sebatas retribusi.

"Tetapi kalau ada BUMD keuntungan yang diperoleh jauh lebih baik dan itu pemasukan daerah," katanya.

Frederikus menambahkan Merauke merupakan satu kabupaten di Papua yang memiliki sumber daya laut melimpah, selain memiliki kawasan yang subur untuk pengembangan sektor pertanian.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Merauke F Suhono Suryo mengatakan tahun ini pihaknya memprogramkan bantuan 10 unit kapal tangkap ikan bagi nelayan setempat.

"Untuk DAK mungkin ada. Yang pasti lebih dari 10 unit untuk kapal kurang lebih 3 gross ton," katanya.

KATA KUNCI : , , ,
Terbaru
19 Maret 2017 | 07:10
Pebisnis harus berpikir tak biasa
16 Maret 2017 | 21:16
Bisnis properti akan tumbuh wajar
Berita Terkait