Bisnis

Pemerintah anggarkan Rp 9 triliun untuk Tol Semarang-Demak

1.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
13:35
17 FEB 2017
Dok: ilustrasi pembangunan jalan tol
Reporter
Ahmad
Sumber
Antara

Rimanews - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan anggaran yang dialokasikan pemerintah pusat untuk proyek pembangunan jalur tol Semarang-Demak sekitar Rp 9 triliun.

"Untuk jalan Tol Semarang-Demak, ini sekarang mau ditenderkan. Mudah-mudahan tahun ini sudah bisa ditenderkan," kata Sri Mulyani hari ini.

Proyek pembangunan jalan tol Semarang-Demak direncanakan membutuhkan luasan lahan sekitar 1.887.000 meter persegi yang akan dibagi menjadi dua seksi, yakni Seksi I Kota Semarang dan Seksi II Kabupaten Demak.

Di Seksi I Kota Semarang, meliputi Kecamatan Genuk, yang berada di sejumlah kelurahan, seperti Kelurahan Trimulyo, Terboyo Wetan, dan Terboyo Kulon.

Sementara untuk Seksi II Kabupaten Demak akan melintasi empat kecamatan, yakni Kecamatan Sayung, Karangtengah, Wonosalam, dan Demak Kota dengan total panjang jalan tol diperkirakan mencapai 24 kilometer. 

Disebutkannya, anggaran sebesar Rp 9 triliun yang diinvestasikan untuk pembangunan jalur tol yang menghubungkan Kota Semarang dengan Kabupaten Demak itu tidak hanya mencakup jalan tol, tetapi juga proyek yang berkaitan.

"Itu anggaran Rp 9 triliun tidak hanya untuk pembangunan jalan tol, tetapi untuk mengatasi juga rob (limpasan air laut, red.) yang terjadi di daerah Sayung, Kabupaten Demak," kata Sri Mulyani.

Mengenai pengerjaan fisik jalur tol Semarang-Demak, Basuki menegaskan jika pada tahun ini bisa dilakukan lelang sampai pembebasan lahan maka pada 2018 bisa dimulai pengerjaan fisik proyek jalur tol tersebut.

Terbaru
Bisnis