Bisnis

Produk UKM akan dipasarkan ke ritel modern

2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
22:13
10 MAR 2017
Dok. Pameran produk UKM. Foto: Antara
Reporter
Dede Suryana
Sumber
Rimanews

Rimanews - Pemasaran produk UKM binaan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM), Kementerian Koperasi dan UKM, akan diperluas ke ritel modern. Karena itu, para pelaku UKM diminta meningkatkan kualitas produk mereka.

LLP-KUKM telah melakukan kurasi produk UKM binaannya di Gedung Smesco, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. Kurasi dilakukan untuk memilih produk unggulan UKM yang bisa dipasarkan di ritel modern. 

Direktur Utama LLP-KUKM Ahmad Zabadi mengatakan para pelaku UKM harus berani memasarkan produk UK secara global, termasuk masuk ke ritel modern. "Keberadaan produk UKM bukan sekadar jualan di pinggir jalan saja. Tapi, harus sudah masuk ke outlet-outlet ritel modern," ujar Zabadi, dalam keterangan persnya, hari ini.

Dia berharap, produk yang dihasilkan UKM di Indonesia juga berani bersaing dalam pemasaran dan promosi. Selain bisa dipasarkan di Galeri Indonesia WOW, Zabadi berharap, ritel modern bisa memasarkan produk unggulan terbaik yang dihasilkan UKM tanah air. 

"Tapi, semua program tersebut butuh perencanaan yang matang, Jadi, saya meminta produk-produk UKM diperbaiki lagi kemasan hingga kualitas barang," tegasnya.

Produk KUKM yang dikurasi merupakan produk berkategori makanan dan minuman. Baik yang siap saji maupun frozen. Produk KUKM yang lolos kurasi akan bermitra dengan ritel Giant dan akan mengisi foodcourt di Giant area Jabodetabek.

General Manager Marketing Smesco, Atajudin Nur, menambahkan produk KUKM harus memiliki keunikan serta memiliki komitmen untuk memenuhi kerja sama. Selain itu, produk UKM yang terpilih dalam kurasi, minimal sudah memiliki PIRT atau MD sebagai jaminan bahwa produk UKM itu aman untuk dikonsumsi.

"Parameter kurasi adalah keunikan produk dan UKM komit untuk memenuhi kerja sama. Kami mencari UKM yang memiliki komitmen kuat untuk berbisnis serta UKM yang siap dari sisi permodalan," ujarnya.

Senior Leasing Manager Hero Group, Ria Feelycia, mengungkapkan bahwa pihaknya berharap produk UKM ada di foodcourt. Artinya, ada makanan yang berbeda. Tiap daerah memiliki makanan yang khas, sehingga bisa mengundang customer datang ke Giant dan UKM bisa jualan. 

"Karena itu, UKM harus memahami selera customer di masing-masing area Giant," jelasnya.

Ke depannya, LLP-KUKM dan ritel Giant akan memperluas jangkauan produk KUKM. Tak hanya di area Jabodetabek, tetapi di seluruh Indonesia. 

Bisnis