Bisnis

Cabai super dijual Rp 120 ribu per Kg di pasar murah

2.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
20:48
17 MAR 2017
Dok: Harga cabai melonjak
Reporter
Ahmad
Sumber
Antara

Rimanews - Cabai super dijual Rp120.000/kg di pasar murah yang digelar Dinas Perdagangan NTB, harga itu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga di pasaran biasa, yang sampai Rp150.000/kg.

Perwakilan dari Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), Jas Muliadi, di sela pasar murah, di Taman Mayura, Kota Mataram, Jumat, menyatakan, "PPI juga bertanggung jawab dalam menstabilkan harga agar tidak memberatkan masyarakat."

Cabai yang dijual pada stan PPI itu, menurut dia, berasal para petani di Kabupaten Lombok Timur dan dikemas per seperempat kilogram, dengan harga Rp30.000.

Dengan "paket hemat" itu, masyarakat yang ingin membeli cabai tidak harus membeli satu kilogram, namun bisa membeli seperempat kilogram atau sesuai kebutuhan.

Muliadi menambahkan, selain membawa cabai jenis super pihaknya juga membawa cabai kualitas campuran, yakni cabai yang dicampur dengan cabai yang masih hijau atau muda.

"Untuk kualitas cabai campuran ini kami jual Rp100.000 per kilogram. Cabai kualitas campuran ini kami sajikan agar masyarakat bisa memilih dan menyesuaikan dengan keuangannya," katanya.

Namun demikian, dari total 80 kilogram cabai yang dibawa, pengunjung pasar murah rata-rata membeli cabai kualitas super sehingga cabai kualitas super yang sudah dikemas per seperempat kilogram lebih cepat habis dibandingkan dengan cabai kualitas campuran.

"Bisa dilihat, cabai kualitas campuran ini masih banyak sementara yang super hanya tinggal sepermpat kilogram, dan mungkin beberapa menit lagi akan habis," katanya menunjukan dagangan cabainya ke sejumlah wartawan.

Selain menjual cabai, stan PPI juga menjual gula pasir putih Rp12.500 per kilogram, yang juga berada di bawah harga pasar sekitar Rp14.000 sampai Rp14.500 per kilogram.