Bisnis

Pebisnis harus berpikir tak biasa

2.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
07:10
19 MAR 2017
Reporter
Muhammad Adam Isnan
Sumber
Rimanews

Rimanews – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyatakan bahwa untuk sukses dalam bisnis orang harus untuk berpikir tak biasa atau di luar kotak 'out of the box'.

"Saya tidak akan berbicara teknis. Tapi konsep berpikirnya, yaitu thinking out of the box if there is the box. Melihat tidak seperti orang biasa. Menanyakan yang tidak pernah dianggap sebagai pertanyaan lagi," kata Anies Baswedan saat memberikan motivasi kepada puluhan calon pengusaha muda dalam program OK OCE dengan tema "Yang Muda Yang Berbisnis", di Rawamangun Jakarta Timur kemarin.

Mantan Ketua Komite Etik KPK tersebut juga menyatakan bahwa jiwa wirausaha harus dapat menciptakan peluang yang sebelumnya tidak ada. Dengan mempertanyakan secara kritis, seorang wirausahawan dapat membuat terobosan.

"Seorang pemuda, wirausaha harus bisa membuka semua kunci pikirannya. Itu semua mensyaratkan Anda harus kritis dan itu semua harus dilatih. Bebaskan diri Anda. Lihat semua yang Anda pakai sehari-hari dan pikir ulang kembali ," ujarnya.

Program OK OCE singkatan dari One Kecamatan One Centre of Entrepreneurship. Salah satu program andalan Anies-Sandi di Pilkada DKI tentang bagaimana mencetak wirausaha baru di DKI agar dapat menjadi benchmark di daerah lain.

Program OK OCE ini ditujukan untuk mengubah dan memihak kepada pengusaha kelas bawah, UMKM, dan pengusaha baru, dengan fokus pada 5 hal: pemberian modal dan pendampingan usaha, pelatihan oleh pengusaha sukses, garansi inovasi, lulusan SMK langsung dapat kerja, dan kredit khusus untuk ibu-ibu.