Bisnis

Stasiun kereta barang Cibungur kembali beroperasi

1.8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
10:47
20 MAR 2017
Dok: Kereta barang
Reporter
Ahmad
Sumber
Rimanews

Rimanews - Corporate Deputy Director of Freight Marketing and Sales PT KAI, Awan Hermawan menambahkan bahwa angkutan barang menggunakan kereta api merupakan wujud sinergi logistik nasional dalam program sinergi BUMN. Menurutnya, angkutan barang menggunakan kereta api akan mampu mengurangi kemacetan di jalan raya.   

"KAI siap mengakomodir keinginan konsumen berkaitan dengan pengangkutan barang menggunakan kereta," ujar Awan seperti dikutip bumn.go.id, hari ini. 

KAI melaksanakan uji coba operasi angkutan barang dari Terminal Peti Kemas (TPK) Cibungur menuju Stasiun Indro, Gresik, Surabaya. Kegiatan ini dilakukan pada saat peresmian pengoperasian Terminal Peti Kemas Cibungur di Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta. 

TPK Cibungur kembali melayani bongkar muat barang setelah kembali dikembangkan oleh KAI. TPK Cibungur di Purwakarta ini merupakan lokasi strategis untuk angkutan barang, karena berada di jalur perindustrian. VP Daop 2 Bandung Saridal menyatakan kesiapan Daop 2 untuk melaksanakan angkutan barang dari TPK Cibungur. TPK Cibungur sangat potensial dengan kemampuan Container Yard (CY) menampung 300 TeUS.

Sementara itu, Direktur Operasi dan Pemasaran KA Logistik Sugeng Priyono menyampaikan bahwa penggunaan kereta untuk angkutan logistik mempunyai banyak keuntungan salah satunya lebih efisien secara waktu dan juga pembiayaan.

KATA KUNCI : , , ,
Terbaru
Bisnis