Bisnis

Freeport setop pemangkasan karyawan

7.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
14:48
05 APR 2017
Dok: demo karyawan Freeport
Editor
Dhuha Hadiansyah
Sumber
Antara

Rimanews - Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Perumahan Rakyat Mimika, Septinus Somilena, menyatakan bahwa PT Freeport Indonesia beserta perusahaan terkaitnya sudah menghentikan pengurangan karyawan sejak akhir Maret.

"Itu termasuk Freeport yang merumahkan karyawan maupun perusahaan privatisasi yang selama ini mem-PHK karyawannya, sejak 27 Maret sudah berhenti," kata Septinus Somilena di Timika, hari ini.

Namun, dia tidak menjelaskan apakah penghentian pengurangan karyawan itu bersifat sementara atau permanen.

Septinus juga mengatakan bahwa dinas belum menerima informasi mengenai nasib karyawan Freeport yang dirumahkan dan mengalami pemutusan hubungan kerja, apakah perusahaan akan mempekerjakan mereka kembali atau tidak.

Ia menyarankan kepada Freeport dan perusahaan terkaitnya mempekerjakan kembali karyawan yang terdampak pengurangan pekerja.

Data Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi, dan Perumahan Rakyat Mimika menunjukkan Freeport dan perusahaan terkaitnya telah mengurangi 2.200 ribu karyawan selama 12 Februari-27 Maret. Jumlah itu meliputi 200 karyawan Freeport yang dirumahkan dan 2.000 karyawan perusahaan terkaitnya yang mengalami pemutusan hubungan kerja.

Perusahaan tambang itu melakukan pemutusan hubungan kerja sebagian karyawannya setelah aktivitas produksinya berhenti pada Februari.

KATA KUNCI : , , ,
Terbaru
20 April 2017 | 10:30
Rini sebut Indonesia akan digdaya
5 April 2017 | 07:12
Stok sembako aman hingga Juli
4 April 2017 | 09:42
Pembangunan Gili Mas dipercepat
30 Maret 2017 | 10:02
Harga minyak dunia kembali naik
Bisnis