Investasi

10 MoU akan dibuat Raja Salman dengan Indonesia

5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
23:50
28 FEB 2017
Dok: Pertemuan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dengan Presiden Joko Widodo di Riyadh, pada tahun 2015
Reporter
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud akan menandatangani 10 nota kesepahaman (MoU) ketika melakukan kunjungan ke Indonesia, kata Duta Besar Saudi Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi.

Dalam konferensi pers di Gedung Kedutaan Besar Saudi di Jakarta hari ini, Osama menyebutkan ke-10 MoU yang akan ditandangani meliputi bidang keamanan, kesehatan, budaya, pendidikan, investasi, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pertanian, penerbangan sipil, perikanan serta kerja sama Islam.

Osama tidak menyebutkan berapa nilai investasi yang digelontorkan pemerintah Saudi untuk mewujudkan kerja sama di 10 bidang tersebut.

Osama juga mengakui bahwa pemerintahnya berniat melepas sebagian saham Saudi Arabian Oil Company sebagaimana tercantum dalam visi pembangunan 2030 yang akan mengurangi ketergantungan negara tersebut pada minyak. 

Ia membantah hal itu dilakukan karena ekonomi Saudi tidak stabil akibat rendahnya harga minyak dalam beberapa tahun belakangan.  "Ini dilakukan untuk mendongkrak dan ekonomi kami yang selama ini terkenal stabil," kata Osama.

"Ekonomi kami masih stabil, bahkan pemerintah berencana membuka rekening khusus untuk memberikan bantuan langsung kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan," pungkasnya.

Investasi