Investasi

Utusan Raja Salman Kunjungi gedung Smesco

4.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
18:11
02 MAR 2017
Utusan Raja Salman mendatang gedung Smesco, hari ini. Foto: Kementerian Koperasi dan UKM
Reporter
Dede Suryana
Sumber
Rimanews

Rimanews - Kerja sama pengembangan usaha kecil dan menengah dengan otoritas Kerajaan Arab Saudi berlanjut, ditandai dengan kedatangan utusan Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud ke gedung Smesco Rumah Koperasi dan UKM di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, hari ini.  

Delegasi terdiri dari Gubernur Otoritas UKM Kerajaan Arab Saudi, Ghsaan Alsuliman, Abduallh Alsghair (deputi gubernur), dan Emad Alharshan (kepala kantor gubernur), Ayman Mirdad Atase (Kepala Bagian Perdagangan Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta), dan Safaat Ghofur (Kasubdit III Kemlu Direktorat Timur Tengah). Mereka disambut Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharam, Direktur Utama LLP-KUKM Ahmad Zabadi, dan Direktur Pemasaran dan Marketing LLP KUKM Bagus Rachman.

Kedatangan delegasi juga disambut fashion show dari mitra LLP-KUKM hingga diakhiri kunjungan ke Galeri Indonesia WOW. Direktur Utama LLP-KUKM Ahmad Zabadi mengatakan, kunjungan delegasi dari utusan Raja Salman tersebut merupakan suatu kehormatan. Menurut dia, ini menjadi pembuktian bagi Smesco Indonesia diakui oleh dunia. Karena itu, Zabadi tertarik untuk bekerjasama. 

”Kami merasa bangga dan tersanjung dengan delegasi yang diutus Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud tersebut yang menyempatkan berkunjung ke Smesco Indonesia,” ujar Zabadi.

Menurut Zabadi, pihaknya berharap kerjasama tersebut akan permanen dan cepat direalisasikan. Banyak poin yang menarik dari kerjasama bilateral tersebut. Di antaranya, pertukaran informasi mengenai program-program kebijakan, pembangunan, serta pengembangan UKM. 

Bahkan, nantinya akan ada pertukaran tenaga ahli, promosi perdagangan, pameran nasional dan internasional, kerjasama pemasaran, serta menumbuhkan kemitraan usaha. Contohnya, penyediaan peluang-peluang bagi UKM untuk berpartisipasi dalam pelatihan manajerial dan keterampilan teknis.

"Ini menjadi kesempatan bagi para UKM untuk bisa memasarkan produk hingga ke pasar dunia. Saya yakin dengan produk kreatif dari UKM binaan bisa berbicara di kancah internasional," tegasnya. 

Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharram menjelaskan, kedatangan delegasi Arab Saudi itu, selain untuk bertukar informasi juga sebagai tindak lanjut dari MoU mengenai kerjasama pengembangan UKM yang telah ditandatangani antara Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga dengan otoritas UKM Kerajaan Arab Saudi di Istana Bogor, kemarin, Penandatanganan kerjasama itu disaksikan Presiden Jokowi dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud.

Kemenkop dan UKM akan menggandeng kementerian lain, seperti Kementerian Riset dan Dikti, Kementerian Perindustrian, serta Kementerian Pertanian. "Delegasi Arab Saudi lebih concern ingin kerjasama bisnis dengan UKM yang skalanya sudah menengah dan memiliki teknologi dalam menjalankan bisnisnya," kata Agus.

Sementara itu, Gubernur Otoritas UKM Kerajaan Arab Saudi Ghsaan Alsuliman mengatakan, pihaknya sangat tertarik dengan industri fashion dari Indonesia, khususnya busana muslim. "Saya berharap industri fashion busana muslim dan pakaian tradisional dari Indonesia bisa terus dikembangkan, tapi bukan semata-mata untuk kalangan muslim saja. Melainkan bisa untuk semua kalangan," ujar Ghsaan.

Ghsaan menambahkan, pihaknya sudah membangun kawasan ekonomi bernama King Abdullah Economic Center yang berlokasi di antara kota-kota Jeddah, Madinah, dan Ryadh. "Kami berharap, produk UKM dari Indonesia bisa ikut berpartisipasi," sambungnya.

KATA KUNCI : , , , ,
Investasi