Investasi

Presiden ingin Sulteng fokus ke pertambangan

4.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
21:39
09 MAR 2017
Dok: Ilustrasi Pertambangan
Reporter
Ahmad
Sumber
Rimanews

Rimanews - Presiden Joko Widodo menginginkan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) memfokuskan untuk menggarap pertumbuhan ekonomi guna memberantas kemiskinan yang masih berkisar di angka 14 persen. 

Momentum pertumbuhan ekonomi ini juga kita harapkan bisa berdampak pada pengentasan kemiskinan yang saat ini masih berada di angka 14,09% di Sulawesi Tengah. Dan kita harapkan juga bisa mempercepat pemerataan pembangunan,” kata Presiden Jokowi seperti dikutip setkab.go.id, hari ini.

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulteng saat ini mencapai angka 9,98 persen di tahun 2016 dan ini melebihi jumlah pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,02 persen. 

Presiden mengingatkan agar berkonsentrasi mengembangkan sektor-sektor unggulan yang menjadi core business di Sulawesi Tengah. Sesuai data yang dimilikinya, menurut Presiden,  sektor pertambangan, terutama nikel, tumbuh dengan pesatnya di provinsi Sulawesi Tengah.

Selain itu, Presiden melihat potensi yang cukup besar di sektor perkebunan, mulai dari kakao,  kopi, kelapa sampai dengan cengkeh. “Komoditas unggulan tersebut bisa menjadi basis tumbuhnya ekonomi rakyat di Sulawesi Tengah,” tuturnya.

Demikian pula di sektor kehutanan, menurut Presiden, Sulawesi Tengah memiliki hasil hutan berupa rotan dan berbagai jenis kayu, seperti Eboni dan Meranti. Untuk itu, Presiden meminta agar komoditas hasil pertanian, kehutanan, maupun pertambangan dapat diolah terlebih dahulu di Sulawesi Tengah sehingga memberikan nilai tambah dan multiplier effect bagi masyarakat.

Adapun proses transformasi perekonomian di Sulawesi Tengah yang ditandai dengan semakin tumbuhnya sektor pertambangan dan industri pengolahan, lanjut Presiden,  harus dipersiapkan dengan baik.

Untuk itu, Presiden meminta agar kawasan ekonomi khusus (KEK) di Palu, di Morowali mampu menampung tumbuhnya industri-industri pengolahan. “Saya mendapatkan informasi bahwa di kawasan ekonomi khusus Morowali telah beroperasi pabrik smelter dan pabrik stainless steel,” sambungnya.

KATA KUNCI : , , ,
Terbaru
Investasi
Sponsored