Keuangan

Sri Mulyani jelaskan mekanisme untuk dapatkan KUR

3.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:36
14 FEB 2017
Reporter
Muhammad Adam Isnan
Sumber
Rimanews

Rimanews - Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan kriteria dan mekanisme untuk dapat menyalurkan dana kepada kelompok yang lebih rendah melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Kita sudah membuat design-nya bersama-sama dengan melakukan kerja sama dengan beberapa lembaga, nanti kita lihat kalau designnya sudah firm mengenai bagaimana untuk bisa menyalurkan dana kepada kelompok yang lebih rendah dari Kredit Usaha Rakyat (KUR), tapi dengan tetap menjaga  kemampuan untuk tetap bergulir dananya," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di Gedung DPR Senayan, hari ini.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah dana bantuan bagi masyarakat dari pemerintah yang meliputi tiga bidang yakni jasa, perdagangan, dan pinjaman modal. Saat ini total dana KUR yang sudah dianggarkan APBN sebesar Rp 1,1 triliun.

Penyaluran dana kepada kelompok yang lebih rendah dari KUR, menurut Menkeu, mungkin bisa melalui koperasi dan melalui Bank Pembangunan Daerah.

"Serta kita juga akan mencoba untuk menggunakan lembaga seperti modal ventura, nanti kita lihat bagaimana hasilnya, sedang dibuat," imbuhnya.

"Itu adalah untuk digunakan sama seperti melakukan untuk subsidi bunga maupun dari sisi plafondnya, nanti kita lihat kalau sudah jadi yah," tutup Menkeu.

KATA KUNCI : , , , ,
Keuangan