Keuangan

Gubernur BI: peningkatan UMKM tak hanya andalkan KUR

2.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:50
14 FEB 2017
Reporter
Muhammad Adam Isnan
Sumber
Rimanews

Rimanews - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardoyo mengungkapkan bahwa dalam meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tidak bisa hanya mengandalkan pada Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Kita tidak bisa hanya mengandalkan pada KUR untuk bisa memberikan penanganan untuk meningkatkan UMKM ini," kata Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardoyo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, hari ini.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah kredit modal kerja atau investasi kepada debitur yang bergerak dalam bidang usaha yang menurut skalanya berstatus sebagai usaha mikro, kecil dan menengah guna pembiayaan usaha produktif. Sektor usaha yang dapat dibiayai meliputi industri, dagang dan jasa.

Menurut Agus, perbankan yang sudah diberikan kemudahan dan kekhususan untuk bisa menghimpun dana dari masyarakat, memang harus diarahkan untuk bisa mempunyai portofolio kepada UMKM atau kredit kepada UMKM yang sekarang ini adalah 20 %, tahun 2017 diharapkan 15%, tahun 2018 diharapkan 20 %.

"Bahwa kita mempunyai kredit usaha rakyat itu baik, tetapi kita juga apabila terus bisa memperkaya persyaratan-persyaratan yang diberlakukan untuk menyalurkan KUR sehingga lebih efektif tidak hanya fokus kepada perdagangan, pada lokasi-lokasi tertentu, itu tentu akan baik," ujar Agus.

"Kita perlu melakukan pengawasan-pengawasan dengan tetap prudent karena secara umum, perbankan itu pasti tidak ingin tercatat bahwa mereka menyalurkan kredit dan kemudian bermasalah," papar Agus.

Agus juga menginginkan agar masyarakat yang belum bankable itu bisa dipermudan untuk akses kepada keuangan. "Jadi tentu hal ini perlu diselaraskan dan upaya yang dilakukan oleh pemerintah dari waktu ke waktu sangat kami dukung karena menunjukkan keberpihakan kita," imbuhnya.

Terbaru
26 April 2017 | 20:15
Rupiah melemah ke Rp13.278
21 April 2017 | 20:00
Rupiah melemah ke Rp 13.311
20 April 2017 | 20:45
Nilai tukar rupiah relatif stabil
4 April 2017 | 21:41
Amnesti pajak sebabkan deflasi
Keuangan