Keuangan

OJK libatkan pemda untuk sosialisasi KUR

3.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:18
14 FEB 2017
Muliaman Hadad
Reporter
Muhammad Adam Isnan
Sumber
Rimanews

Rimanews - Ketua Otoritas Jasa Keuangan Muliaman Hadad mengungkapkan ingin melibatkan pemerintah daerah dalam sosialisasi KUR, melalui tim percepatan akses keuangan di daerah yang dipimpin langsung oleh kepala daerah.

"Jadi saya pikir agenda ini menurut saya nanti bisa menjadi alat atau vehicle sosialisasi yang berkelanjutan terutama kepada kelompok-kelompok target tertentu, seperti ibu rumah tangga, nelayan, dan sebagainya, terutama di daerah pesisir," kata Muliaman Hadad seperti disampaikan di Gedung DPR, Jakarta, hari ini.

Keterlibatan pemda dalam sosialisasi KUR penting dilakukan karena bisa membantu pemerintah pusat dalam penyaluran dana agar tepat guna. Sosialisasi juga diharapkan bisa berdampak dan menyasar kepada masyarakat yang benar-benar tidak mampu.

Muliaman mengatakan keterlibatan pemerintah daerah, menurutnya penting sekali, karena sekarang ini banyak pemerintah daerah yang punya dana sendiri kemudian membuat skenario pinjaman sendiri. "Mereka kasih bunga sendiri tapi jumlah bunganya tidak terbatas, kalau ini dipadukan menurut saya akan baik," imbuhnya.

Menurut Muliaman, KUR bukan satu-satunya skenario yang dimiliki pemerintah untuk memberikan bantuan modal kepada masyarakat. Selain KUR, ada juga strategi keuangan inklusi, sertifikasi tanah dan lain-lain. "Tapi yang penting perlu pendampingan dan pembinaan. Selain itu juga perlu marketing yang baik dan membuat strategi yang komprehensif," ujar Muliaman.

KATA KUNCI : , , , ,
Keuangan