Keuangan

DPR: Tak elok Sri Mulyani umumkan setiap warga punya utang Rp13 juta

15.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
18:29
25 APR 2017
Dok. Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Antara)
Reporter
Zul Sikumbang
Sumber
Rimanews

Rimanews – Anggota Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan menilai Menkeu Sri Mulyani tidak elok dengan terbuka menyebut setiap warga Indonesia mempunyai utang Rp13 juta.

"Pernyataan itu tidak elok dilontarkan oleh seorang menteri di tengah-tengah situasi ekonomi yang makin lesu. Apalagi, publik tak suka politik utang yang jor-joran dilakukan selama ini oleh pemerintah. Semua sepakat bahwa utang tidak sehat, dan justru mengancam kestabilan keuangan nasional," kata Heri di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (25/04/2017).

Pernyataan Sri tersebut dilontarkan saat memberikan kuliah umum di hadapan civitas Kampus STAN beberapa waktu lalu. Oleh Heri, Sri dianggap membuat publik kebingungan di tengah situasi ekonomi yang tengah sulit.

“Sebab, rakyat Indonesia merasa memang tak punya utang. Kapan, di mana, dan kepada siapa mereka berutang, kan, tak jelas. Itu seperti disambar petir di siang bolong. Tak berutang, tapi tiba-tiba dicap punya utang," kata dia.

Sebagai seorang menteri, dikatakan Heri, sebaiknya Sri Mulyani memberikan pernyataan yang sejuk dan mampu menentramkan.

"Sebagai seorang menteri keuangan yang dipundaknya ada harapan agar rakyat untuk optimistis untuk perbaikan ekonomi, semustinya dia bicara bagaimana menstabilkan ekonomi, bagaimana memecahkan masalah APBN yang terlilit utang. Penyataan bahwa jumlah rasio utang Indonesia saat ini sebesar 27 persen dari Gross Domestic Product (GDP) yang sekitar Rp 13.000 triliun, maka setiap masyarakat Indonesia memiliki sekitar Rp 13 Juta perkepala yang tidak begitu membebani rakyat Indonesia adalah pesan bahwa tidak ada jalan keluar lain untuk menyelamatkan ekonomi, kecuali berutang," kata politisi Partai Gerindra itu.

Keuangan