Ekonomi

Rumah seharga Rp20 miliar kena pajak penjualan 20 persen

1.7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:08
06 MAR 2017
Dok. apartemen
Editor
Sumber
setkab.go.id

Rimanews - Pemerintah akan mengenakan pajak penjualan sebesar 20 persen atas barang-barang mewah selain kendaraan bermotor, seperti rumah dan hunian dengan harga jual di atas Rp20 miliar.

Aturan tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor: 35/PMK.010/2017 tentang Jenis Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Selain Kendaraan Bermotor Yang Dikenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah yang ditandatangani Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 1 Maret 2017," demikian bunyi Pasal 7 PMK Nomor: 35/PMK.010/2017, seperti dikutip dari Laman Setkab.

Menurut aturan itu, jenis Barang Kena Pajak yang tergolong mewah dan dikenai pajak 20 persen diantaranya adalah Kelompok hunian mewah seperti rumah mewah, apartemen, kondominium, town house, dan sejenisnya, yaitu: rumah dan town house dari jenis nonstrata title dengan harga jual sebesar Rp20 miliar atau lebi dan apartemen, kondominium, town house dari jenis strata title, dan sejenisnya dengan harga jual sebesar Rp10 miliar.

Sedangkan jenis Barang Kena Pajak yang tergolong mewah selain kendaraan bermotor yang dikenai tarif sebesar 40 persen adalah kelompok balon udara dan balon udara yang dapat dikemudikan, pesawat udara lainnya tanpa tenaga penggerak; Kelompok peluru senjata api dan senjata api lainnya, kecuali untuk keperluan negara: peluru dan bagiannya, tidak termasuk peluru senapai angin.

Pajak Penjualan atas Barang Mewah dengan tarif sebesar 50 persen, menurut PMK ini, adalah pesawat udara, helikopter, dan senjata api.

KATA KUNCI : ,
Terbaru
19 Mei 2017 | 11:59
Djarot resmikan Jakmart
Ekonomi