Film

Problematika pasangan millenial dalam Bukaan 8

4.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:00
21 FEB 2017
Editor
Chaerunnisa
Sumber
Antara

Rimanews -  Alam (Chicco Jerikho) dan Mia (Lala Karmela), dua orang generasi milenial yang kecanduan dan media sosial dan internet, bertemu dan jatuh cinta di dunia maya. 

Hanya sayang, hubungan mereka tidak direstui ayah Mia (Tyo Pakusadewo) dan ibu Mia (Sarah Sechan), karena menganggap Alam tak memiliki pekerjaan tetap dan hanya sibuk bermedia sosial. Karakter Alam juga seakan menggambarkan dirinya sosok cuek dan tak bertanggung jawab.  

Masalah demi masalah mewarnai kehidupan pasangan milenial itu. Mulai dari jeratan utang hingga somasi dari pihak yang merasa dirugikan Alam. 
  
Hingga saatnya keduanya harus menghadapi momen kelahiran anak pertama mereka. Saat itu, Alam ingin membuktikan kepada orangtua Mia dan ibundanya sendiri (Dayu Wijanto), bahwa ia adalah seorang suami idaman dan anak lelaki yang bisa dibanggakan. Apa yang dilakukan Alam? 

Chicco yang juga menjadi produser dalam film itu mengungkapkan berusaha menghadirkan kedekatan emosional antara anak dan orangtua pada proses kelahiran dengan genre komedi. 

"Mengombinasikan realita, cerita pribadi dan berbagai kekonyolan dalam keseharian. Film ini memiliki cerita yang sangat dekat dengan mereka yang sangat menikmati hiruk-pikuk media sosial saat ini," ujar Chicco dalam konferensi pers di Jakarta, Senin 20 Februari 2017. 

Inspirasi film berasal dari cerita pribadi sutradara Angga Dwimas Sasongko kala menghadapi proses menanti kelahiran anak pertama. Dia mengatakan, saat itu, Chicco ikut menemani dan tercetuslah ide membuat film itu. 

Selain itu, mengambil momen situasi di Indonesia pasca Pemilihan Presiden dan memasuki masa Pemilihan Kepala Daerah, penulis cerita Salman Aristo merasa pas memasukkan unsur politik ke dalam cerita.  

"Saya suka dengan pendekatan dengan kejadian besar, mencari sudut pandang yang mikroskopik. Di tengah situasi sejak Pilpres kemarin, dinamisnya masyarakat kita merespon situasi politik, ada pasangan baru, suami-isteri, suaminya enggak direstui orangtua isteri. Di tengah hiruk pikuk, memberikan perspektif lainnya," kata dia dalam kesempatan yang sama. 

Sejujurnya, sulit mengatakan film ini bisa membuat penonton terbahak-bahak hingga mengeluarkan air mata layaknya menonton film komedi pada umumnya, karena level sense of humor setiap orang yang berbeda-beda. 

Hanya saja, kisah yang dekat dengan keseharian dan ringan nampaknya relatif mudah dipahami penonton. Sebagian yang mungkin pernah mengalami hal serupa rasanya bisa sedikit menyugingkan senyum. 

Sejumlah pemain yang turut mewarnai film ini antara lain: Uli Herdiansyah, Ary Kirana, Melissa Karim, Maruli Tampubolon, TJ, Ivy Batuta, Roy Marten, Marwoto, Nadine Alexandra dan Andriano Qalbi. 

Buka'an 8 akan tayang di bioskop mulai 23 Februari mendatang.  

KATA KUNCI : , ,
Terbaru
8 Maret 2017 | 22:03
Lima film menarik di bulan Maret
27 Februari 2017 | 11:56
Daftar lengkap pemenang Oscar
25 Februari 2017 | 08:15
Mistis Jawa di Melbourne
24 Februari 2017 | 19:14
"Setan Jawa" diputar di Melbourne
24 Februari 2017 | 14:38
Menguak keindahan negeri dalam karya
Film