Kesehatan

Polusi Udara di Roma Sudah Kian Parah

3.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
00:18
13 DES 2016
Reporter
Ahmad
Sumber
Rimanews

Rimanews - Roma sebagai ibukota Italia memberlakukan aturan bebas kendaraan pada hari Minggu. Hal itu dilakukan untuk mengurangi polusi udara yang sudah kian tercemar.

Tingkat nitrogen dioksida di Roma memang melonjak secara signifikan dan melewati batas aman yang telah ditetapkan Uni Eropa. Hal tersebut membuat Wali kota Roma, Virginia Raggi, mengumumkan "eco-Sunday" yang diselenggarakan pada 11 Desember lalu.

Seperti dikutip dari Independent, Senin (12/12/2016), selain pembatasan kendaraan, denda juga diberikan bagi siapa saja yang memandang rendah larangan tersebut. Langkah tersebut dilakukan setelah sejumlah wilayah di Italia mengalami kekeringan cuaca dan menyebabkan pembentukan serta pengendapan polusi dan asap. Hanya kendaraan ramah lingkungan seperti hibrida dan mobil listrik yang dibebaskan dari larangan tersebut, yakni diperbolehkan berkendara dari 07.30 hingga 12.30 dan 16.30 hingga 20.30 pada hari Minggu.

Hal yang sama juga akan dilakukan beberapa kota di Italia lainnya seperti salah satunya Turin, yang berencana untuk membatasi penggunaan mobil di sana. Penggunaan transportasi massal kembali didengungkan sebeagi alternatif lain membatasi tingkat polusi kota.

Milan juga mempertimbangkan pembatasan lalu lintas, mengingat tingginya tingkat polusi partikel halus. Namun polusi kota tersebut akan melebihi standar yang telah ditetapkan oleh Eropa.

KATA KUNCI : , , , ,
Kesehatan
Berita Terkait