Kesehatan

Ayo deteksi dini kanker payudara

3.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
18:30
21 DES 2016
Reporter
Ahmad
Sumber
Rimanews

Rimanews - Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) tahun 2012, jumlah pengidap penyakit kanker bertambah sekitar 14 juta kasus per tahunnya, dengan ekspektasi jumlahnya akan meningkat sebesar 70% dalam dua dekade ke depan.  

"Sayangnya kondisi ini kurang dibarengi dengan pemahaman masyarakat Indonesia akan gejala dan risiko kanker payudara sehingga menyebabkan kebanyakan pasien memeriksakan diri saat sudah memasuki stadium lanjut," kata Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) Linda Agum Gumelar di Jakarta, hari ini.

Selain itu, pembicaraan seputar kanker payudara juga masih dianggap tabu dan dihindari oleh sebagian masyarakat Indonesia. Akibatnya, kanker payudara menjadi momok menakutkan yang mengintai.

Salah satu yang dilupakan adalah, fakta-fakta mengenai kanker payudara serta langkah-langkah melakukan perikSA payuDAra sendiRI (SADARI) sudah mulai luntur. 

"Ini merupakan salah satu cara meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat tentang penyakit dan risiko kanker sehingga masyarakat melakukan deteksi dini secara berkala dan berkonsultasi dengan dokter jika bergejala," kata Linda Gumelar.

Berdasarkan data dari unit mobil mammografi milik Yayasan Kanker Payudara Indonesia [YKPI] tahun 2015, dari jumlah 3427 pasien yang diperiksa, yang  terdeteksi memiliki tumor jinak sebanyak 428 orang dan ada 47 orang yang dicurigai memiliki kanker ganas. 

Terbaru
23 Mei 2017 | 11:35
Makan sahur jangan berlebihan