Kesehatan

Kemenkes gratiskan deteksi kanker mata

3.6K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
21:34
22 FEB 2017
Menkes Nila Moeloek. Foto: Antara
Editor
Dede Suryana
Sumber
Antara

Rimanews - Kementerian Kesehatan menggelar pemeriksaan deteksi kanker bola mata atau retinablastoma secara gratis kepada 200 anak dalam peringatan Hari Kanker Anak Dunia, hari ini.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek dalam sambutannya mengatakan, kanker anak menjadi perhatian serius pemerintah setelah kanker leher rahim dan kanker payudara.

"Kesehatan anak perlu mendapat perhatian khusus orang tua dan keluarga agar gejala kanker pada anak dapat dideteksi sedini mungkin, sehingga dapat dilakukan penanganan sesegera mungkin," kata Nila Moeloek.

Pemeriksaan melihat titik merah pada mata berfungsi untuk deteksi dini kanker bola mata. Jenis kanker yang banyak dijumpai pada anak adalah leukemia atau kanker darah, retinoblastoma atau kanker bola mata, dan osteosarkoma atau kanker tulang.

Peringatan Hari Kanker Anak yang diadakan di Lippo Karawaci Tangerang tersebut dihadiri oleh 500 orang dari lintas program dan lintas sektor terkait dari pusat dan daerah, serta berbagai elemen masyarakat, seperti ibu-ibu PKK, para guru, petugas kesehatan, dan anak-anak dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Menkes meminta seluruh lapisan masyarakat Indonesia berperan aktif dalam penanggulang kanker melalui deteksi dini serta pengobatan segera yang memberikan peluang pada meningkatnya angka kesembuhan dan angka harapan hidup.

Nila Moeloek juga meminta masyarakat untuk memberikan informasi yang benar tentang kanker dan bukan "hoax".

Menkes mengimbau agar masyarakat terus membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan makan makanan sehat, menu seimbang, bergizi, cukup buah dan sayur; melakukan aktivitas fisik secara teratur, terukur, tepat dan benar; serta melakukan pemeriksaan kesehatan berkala, sebagai bentuk pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas. 

Terbaru
26 Maret 2017 | 11:53
UGM bagikan 1.000 handphone
22 Maret 2017 | 20:01
Jangan lakukan ini setelah makan!
19 Maret 2017 | 03:00
Gejala awal depresi
16 Maret 2017 | 22:00
Kena influenza? Istirahatlah!
10 Maret 2017 | 21:00
Alasan garuk-garuk jadi menular
10 Maret 2017 | 17:11
Jangan spelekan pegal-pegal
Kesehatan