Kesehatan

Mandi malam bisa perbaiki kualitas tidur, lho!

4.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
22:01
23 FEB 2017
Reporter
Sumber
Antara

Rimanews - Mandi air panas di pagi hari bisa membuat Anda segar dan meningkatkan kreativitas, menurut beberapa penelitian. Namun, jika Anda ingin memperbaiki kualitas tidur, mandi sebelum tidur bisa menjadi solusinya.

"Suhu tubuh memainkan peranan penting dalam meregulasi ritme sirkadian--yang mengingatkan tubuh  saat merasa mengantuk. Pada siang hari, suhu tubuh secara alami meningkat hingga sore. Pendinginan adalah sinyal yang memberitahu kita seharusnya pergi tidur," kata Dr Dianne Augelli dari Center for Sleep Medicine at NewYork-Presbyterian. 

Augelli mengatakan, terganggunya proses ini bisa membuat seseorang sulit tidur. 

Hal senada diungkapkan direktur behavioral sleep medicine dari  New York’s Montefiore Medical Center, Shelby Harris. Menurut dia, mandi sebelum tidur memberikan tubuh kesempatan untuk pendinginan dan memicu tubuh agar bisa tidur. 

Banyak penelitian menyarankan mandi selama 20 menit akan berefek bagi tubuh Anda. Namun, Harris merekomendasikan satu setengah jam. Dengan begitu, pada saat Anda berbaring, tubuh Anda menjadi dingin, kering dan siap untuk tidur.

Sebagai tambahan,  Anda juga bisa membersihkan wajah saat mandi. Menurut National Sleep Foundation, cara ini dapat membantu membersihkan kulit, mengurangi jerawat, mencegah keriput dan membantu krim malam dan pelembap bekerja lebih efektif. 

KATA KUNCI : , ,
Terbaru
23 Mei 2017 | 11:35
Makan sahur jangan berlebihan
Kesehatan