Kesehatan

Studi: Pil KB tingkatkan risiko kanker payudara

13K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
11:31
02 JUL 2017
Dok. Pil KB.
Reporter
Abdullatif Assalam
Sumber
Independent

Rimanews - Mengonsumsi pil KB ternyata dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara, menurut hasil penelitian terbaru Universitas Michigan, Amerika Serikat.

Menurut penilitian tersebut, pil KB dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dan progesteron sintetis sampai empat kali lipat. Keduanya diyakini memainkan peranan penting dalam menstimulasi pertumbuhan kanker payudara. Itulah mengapa beberapa pasien kanker payudara dianjurkan melakukan terapi hormon untuk menghambat pengaruhnya terhadap sel kanker.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa sampel darah yang diambil dari wanita pengonsumsi pil KB mengandung kadar hormon lebih banyak daripada wanita yang tidak mengonsumsinya. Dan, ditemukan empat kali lipat kadar progestin, versi sintesis hormon progesteron, dalam empat dari tujuh formulasi yang diteliti.

Formulasi lain juga menunjukkan bahwa paparan pada etinilestradinol, versi sintetis hormon estrogen, pada wanita yang mengonsumsi pil KB 40 persen lebih tinggi.

Kepala peneliti Beverly Strassmann meminta perusahaan obat membuat pil KB yang tidak memberikan kontribusi terhadap meningkatnya risiko kanker payudara.

"Selama beberapa generasi, tidak banyak perubahan yang terjadi pada obat ini, dan mengingat betapa banyaknya orang yang mengonsumsi pil KB di seluruh dunia, yang berjumlah jutaan, industri farmasi seharusnya tidak tinggal diam," kata Stassmann.

Kesehatan