Kesehatan

Libur sekolah waktu tepat perkenalkan makanan sehat pada anak

8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:31
04 JUL 2017
Ilustrasi
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Ahli gizi dari Australia, Anthony Power mengatakan, libur sekolah adalah saat yang tepat untuk memperkenalkan makanan sehat kepada anak dengan mengajak mereka terlibat dalam memasak.

"Liburan menjadi waktu yang tepat untuk tidak melihat memasak sebagai kesulitan atau kewajiban, melainkan sebagai upaya untuk mulai mengkonsumsi makanan sehat," kata Power, dikutip dari Australia Plus, Selasa (04/07/2017).

"Matikan televisi dan bawa anak-anak ke dapur, ajak mereka mencoba beberapa resep mudah yang bisa dibuat oleh semua orang."

Remaja perlu konsumsi makanan sehat

Anthony mengatakan, cara terbaik untuk mendorong remaja masuk dapur adalah dengan menjelaskan manfaat kesehatan dari pola konsumsi makanan yang baik.

"Saya katakan kepada mereka bagaimana makan yang baik bisa membuat kulit mereka lebih sehat atau rambutnya lebih bersinar," katanya.

"Lebih baik untuk menjelaskan bukan untuk menurunkan berat badan, tetapi demi meningkatan energi dan kesigapan."

Ia mengatakan penting untuk tidak melupakan bahwa anak-anak dan remaja selalu tumbuh dan butuhkan makanan yang baik.

"Kita sering menganggap anak-anak tidak apa-apa saat mereka masih kecil, tapi gigi, hati dan pankreas mereka masih rapuh," kata Anthony.

"Terlalu banyak makanan yang tidak sehat dalam jangka waktu lama akan buruk dalam jangka waktu lama membuat mereka tidak akan tumbuh sehat dan gembira."

Mulai dengan resep sederhana

Anthony mengatakan, mulailah dengan memasak resep sederhana menggunakan daging dan telur.

"Kita pikir semuanya harus dalam kemasan yang mewah, tapi menggunakan produk segar adalah cara terbaik untuk memulai," kata Anthony kepada Rebecca Levingston dari ABC Radio Brisbane.

"Dengan banyak resep, makanan yang tidak habis bisa disajikan keesokan harinya."

Ia menyarankan untuk memulai dengan resep dasar seperti ayam panggang, orak-arik telur, dan sosis yang disajikan dengan sayuran segar.

Kesehatan