Musik

12 band berkolaborasi & ciptakan dua lagu di Urban Gigs

3.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:27
22 FEB 2017
Reporter
Sumber
Rimanews

Rimanews - Gelaran Urban Gigs yang menampilkan karya-karya kreatif berupa musik, art, lifestyle, dan travel yang digagas oleh Generation-G kembali menyapa 14 kota di seluruh Indonesia mulai Maret hingga November 2017. Kali ini, sebanyak 12 band akan berkolaborasi dan menciptakan dua lagu.

"Jadi ada satu perbedaan mendasar tahun ini, konten 2017 ini, kami memiliki nama Urban Gigs x Unreleased Project. Akan ada 12 grup band yang tergabung," kata Brand Manager Generation-G Namanda Mandagie saat jumpa pers di Foundry 8, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (22/2/2017).

Lebih lanjut, Namanda memaparkan, 12 grup band itu akan menjadi dua kelompok kolaborasi. Masing-masing kelompok terdiri dari enam grup band.

Mereka yang berkolaborasi adalah Elephant Kind X Rock N Roll Mafia; Barasuara X Scaller; Kelompok Penerbang Roket X Kimokal; The Brandals X Agrikulture; Silampukau X The Hydrant; dan Mocca X Payung Teduh.

Mereka yang berkolaborasi akan membawakan delapan lagu pilihan dan dua lagu baru yang digarap khusus untuk acara tersebut. Nantinya, dua lagu itu akan dikemas ke dalam sebuah album kompilasi usai gelaran Urban Gigs.

"Di setiap manggung, mereka akan bawakan delapan lagu dan dua lagu baru khusus untuk Urban Gigs. Goal-nya akan dibuatkan satu CD kompilasi lagu, ada rencana bikin boxset dan piringan hitam juga," ungkapnya.

Menurut Music Director David Tarigan, pemilihan band-band yang ikut serta dalam Unreleased Project itu merupakan band indie yang sedang digandrungi saat ini dan 10 tahun kemudian diprediksi akan menjadi legend.

"Kami sepakat memilih band-band terdepan saat ini," tutur dia.

Enam band hasil kolaborasi itu akan dipandu oleh enam penata musik, yaitu Bam & Hendra, Gerald Situmorang, Kimo Rizky, Hogi Wirjono, Indra Perkasa, dan Aksan Sjuman untuk menemukan konsepnya.

"Kayak Mocca X Payung Teduh akan ada Aksan Sjuman yang membantu mengarahkan. Ini ibarat samudera yang luas," jelasnya.

Vokalis sekaligus gitaris Iga Massardi "Barasuara" mengatakan, bandnya dengan senang hati terlibat dalam acara ini karena konsep yang ditawarkan menarik. Menurut Iga, Barasuara sudah pernah mencoba konsep serupa dengan band-band lain, sehingga secara tidak langsung akan memperkaya musikalitas bandnya.

"Barasuara termasuk band yang sering kolaborasi. Ketika dihadapkan sama Scaller, tantangannya adalah mencari bentuknya seperti apa? Saya ingin yang maksimal. Enggak ada peran khusus," kata dia.

Sementara itu, Iga mengungkapkan, proyek dua lagu yang digarap bersama Scaller belum rampung. Dia menjelaskan, materi musiknya masih dalam proses pengodokan bersama penata musik yang mengarahkan.

"Inspirasi lagunya datang dari Tuhan. Kami belum transfer. Secara singkat lagunya belum jadi," papar Iga seraya bercanda.

Sekadar diketahui, gelaran perdana Urban Gigs akan berlangsung di Jakarta pada 4 Maret 2017. Selain Jakarta, kota-kota yang akan disinggahi antara lain Medan, Pekanbaru, Palembang, Bandung, Lampung, Semarang, Surabaya, dan Makassar. 

KATA KUNCI : , ,
Musik