Travel

Pengusaha Gunungkidul lirik bisnis wisata lokal

2.6K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
12:02
26 DES 2016
Reporter
Ahmad
Sumber
Rimanews

Rimanews - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendorong upaya kemandirian pengusaha lokal meningkatkan peran serta mengembangkan pariwisata.

"Kami berharap pengusaha asli Gunung Kidul menangkap peluang meningkatnya pariwisata," kata Bupati Gunun Kidul Badingah di Gunung Kidul, seperti dikutip Antara, hari ini.

Ia mengatakan salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan adalah membuka kuliner atau membuat oleh-oleh khas. Sehingga wisatawan tidak hanya berkunjung tetapi juga bisa membawa pulang oleh-oleh khas.

"Peluang ini semakin terbuka, harus bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, terutama kalangan muda," katanya.

Badingah mengatakan bila terkendala modal, bisa sinergitas di antara pengusaha pengusaha, saling sharing dan juga bisa bangkit bersama dan melayani wisatawan dengan ramah dan berbudaya.

"Pengusaha muda diharapkan bisa memanfaatkan peluang, sehingga bisa meningkatkan perekonomian," katanya.

Menurut pemilik Walang Kaos Gunung Kidul, Kendra, mengungkapkan pihaknya menggandeng empat pengusaha kaos yang ada di Gunung Kidul dengan membuka toko di jalur menuju objek wisata Gua Pindul diharapkan bisa menjadi arena berburu kaos khas Gunung Kidul, sehingga berwisata ke Gunung Kidul lebih berkesan.

"Dengan ini pengusaha lokal bisa terus berdaya dan bisa ikut berpartisipasi mandiri dan tidak hanya menjadi penonton perkembangan pariwisata," katanya.

Travel