Travel

5 wisata alam Garut Swiss van Java yang wajib Anda kunjungi

8.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:31
10 JUL 2017
Dok: Gunung Papandayan
Editor
Dhuha Hadiansyah
Sumber
Rimanews

Rimanews - Kabupaten Garut, Jawa Barat, memiliki banyak destinasi objek wisata alam yang sangat mempesona, selain seni, adat, dan kearifan lokal.

Garut dikeliling lima gunung ternama di Jawa Barat, Gunung Papandayan, Guntur, Talaga Bodas, dan Gunung Sadahurip yang terkenal dengan sebutan Gunung Piramida.

Pesona alam Garut sudah dikenal di Barat sejak abad ke-19. Ratu Belanda Wilhelmina Helena Pauline Marie van Orange-Nassau (1880-1962) konon memiliki tempat peristirahatan di sini.

Pada 1920 Garut mendapat julukan Swiss van Java dari pemerintah kolonial Belanda, julukan yang mendampingi daerah tetangganya, Bandung, yang mendapat julukan Paris van Java.

Berikut adalah 5 destinasi wisata alam yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Garut:

1. Cipanas

Kawasan wisata Cipanas menawarkan objek wisata air panas. Di sini Anda bisa menikmati air panas yang bersumber langsung dari gunung api aktif, Gunung Guntur.

Anda bisa menikmati berendam air panas, berenang, dan juga bermain water boom di berbagai pemandian yang tersedia di sana.

Bagi yang ingin tinggal lebih lama, Anda tak perlu kuatir. Terdapat banyak hotel yang bisa jadi pilihan menginap.

2. Talaga Bodas

Objek wisata ini merupakan sebuah danau kecil atau talaga yang terbentuk di bekas kawah gunung Talaga Bodas.

Kawahnya sendiri masih mempunyai aktivitas vulkanik, namun sudah tidak berbahaya dan aman dikunjungi.

Kawasan ini masih hijau dan rimbun serta berbatasan langsung dengan hutan . Anda pastinya akan menghirup udara segar dan pemandangan yang menyehatkan mata di sini.

Talaga bodas dalam bahasa indonesia berarti telaga/danau putih. Hal ini karena lokasinya yang memang berupa danau kecil di bekas kawah dengan air belerang yang berwarna putih. Disini masih terdapat aktivitas vulkanik berupa air panas dan belerang.

3. Gunung dan Kawah Papandayan

Kawah dan gunung Papandayan merupakan salah satu destinasi wisata alam favorit di Garut. Tempatnya mudah dicapai, dengan keindahan alam yang super keren. Anda bisa berwisata di kompleks kawah Papandayan, berpetualang sampai ke padang edelweiss tegal alun, berfoto ria di tebing atas, atau bahkan menjemput sunrise di tebing sunrise Papandayan.

Jalan menuju lokasi saat ini mudah dan lancar. Akan tetapi, sebelum menuju ke sini Anda perlu mendapatkan informasi apakah sedang ditutup lokasinya atau ngga. Pasalnya, jika cuaca buruk, kompleks wisata ini kadang ditutup sementara oleh pihak yang berwenang.

4. Pantai Rancabuaya

Garut tak hanya memiliki pegunungan yang indah, tetapi juga sejumlah wilayah pantai laut selatan yang elok. Salah satunya adalah Pantai Rancabuaya, yang berdekatan dengan lokasi wisata Puncak Guha, sehingga bisa anda jadikan satu paket sekaligus.

Anda bisa menghabiskan waktu di sejumlah resort di Rancabuaya untuk menikmati sunset/sunrise di Puncak Guha.

Pantai-pantai di Garut bisa diakses melalui jalan garut, atau pun melalui jalan jalur selatan misalnya via Bandung-Ciwidey-Cidaun-Rancabuaya-Puncak Guha-Santolo, ataupun via Bandung-Pangalengan-Rancabuaya-puncak guha-santolo.

Semoga info tempat wisata di garut ini bisa jadi ide tambahan bagi anda yang berencana berwisata ria ke Garut.

5. Curug Sang Hyang Taraje

Curug/air terjun Sang Hyang Taraje terletak di kecamatan Pakenjeng. Tempatnya cukup jauh dari pusat kota, dan Anda akan sedikit berpetualang jika berminat untuk menuju ke lokasi ini.

Curug Sang Hyang Taraje merupakan air terjun unik dengan dua air terjun/ kembar dengan volume air yang cukup besar dan juga cukup tinggi. Jika Anda tidak keberatan dengan sedikit berpetualang, tempat ini bisa jadi tujuan.

KATA KUNCI : , , ,
Travel