Langkah tepat budidaya tanaman lemon

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Langkah tepat budidaya tanaman lemon Buah Lemon.

Siapa yang tidak kenal lemon? Buah yang kaya manfaat dan digemari banyak orang meskipun memiliki rasa yang masam. Lemon seringkali digunakan untuk kebutuhan makanan dan minuman, namun selain itu banyak pula dimanfaatkan untuk bahan baku komestik, pengharum ruangan, serta cairan pembersih (cleaner). Lemon mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, A, B6, B12, protein, zat besi, kalsium, dan yang lainnya sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, manfaat dari buah lemon ini juga beragam. Di antaranya, menigkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga pH tubuh tetap seimbang dengan mengurangi keasaman secara keseluruhan, yang membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Buah sitrus termasuk lemon, mengandung senyawa yang disebut limonoids yang telah terbukti membantu melawan kanker mulut, kulit, paru-paru, payudara, perut dan usus besar.

Tak hanya itu, buah lemon juga Mmningkatkan mood dan fokus serta mengurangi rasa cemas dan depresi. Minyak esensial yang terkandung di dalam lemon dapat berfungsi sebagai aromatherapy untuk meningkatkan energi dan mengangkat mood seseorang.

Kebutuhan akan lemon dewasa ini semakin meningkat, seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan tingginya permintaan lemon untuk bahan baku industri. Belum terpenuhinya kebutuhan lemon untuk pasar lokal maupun ekspor menjadi salah satu peluang bagi para petani untuk membudidayakan tanaman tersebut. Hal ini yang mendasari usaha budidaya tanaman lemon menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan.

Budidaya tanaman lemon pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan cara menanam jeruk pada umumnya. Hanya saja ada beberapa perlakuan khusus yang harus diberikan sebagai salah satu cara menanam jeruk lemon agar dapat berbuah cepat, banyak, dan berkualitas, diantaranya yaitu sebagai berikut:

A. Persiapan Lahan Tanam

Seperti halnya menanam tanaman jeruk yang lain, perlunya disiapkan lahan tanam yang cukup luas untuk menanam jeruk lemon. Lalu buatlah undukan tanah yang nantinya akan ditanami bibit dan beri jarak antar tanaman yang satu dengan yang lain.

Pilihlah cara penanaman yang tepat dengan memperhatikan arah mata angin agar sinar matahari dapat langsung menyinari tanaman lemon secara langsung. Pastikan agar air tidak menggenangi tanaman dengan cara membuat parit-parit kecil diantara baris tanaman jeruk lemon sebagai tempat mengalirnya air sewaktu hujan karena jika air menggenang akan menurunkan kualitas lemon yang dihasilkan. Selain itu, perhatikan kedalaman lubang tanam dengan menyesuaikannya akar bibit.

B. Pembibitan

Bibit bisa diperoleh dengan cara membeli bibit yang telah terjamin kualitas serta diakui secara legal oleh negara di toko pertanian. Bibit yang akan ditanam perlu diperhatikan kualitasnya karena kualitas bibit akan mempengaruhi jeruk lemon yang dihasilkan.

C. Penanaman Tanaman Jeruk Lemon

Penanaman jeruk lemon dapat dilakukan kapan saja karena pada dasarnya tanaman jeruk mampu hidup di segala musim, asal syarat tumbuh terpenuhi dan juga penanamannya dilakukan dengan cara yang tepat. Penanaman dilakukan dengan cara menancapkan bibit pada undukan yang telah dibuat, pastikan tanaman jeruk lemon yang telah ditanam mendapatkan sinar matahari serta air yang cukup.

D. Perawatan Tanaman

Perawatan tanaman sangat penting untuk menentukan hasil panen. Lakukanlah pemupukan maksimal sebanyak 4 kali dalam setahun dengan menggunakan campuran atau kombinasi antara pupuk kandang, pupuk kompos, TPK, dan ZK, pemberian pupuk tersebut harus diberikan dengan dosis dan pada waktu yang tepat. Lakukan pula pemberantasan hama dan penyakit yang menyerang tanaman jeruk lemon seperti ulat, lalat buah, tungau, dan masih banyak lainnya. Pemberantasan hama penyakit tersebut  dapat dilakukan dengan cara membuat jebakan atau melakukan penyemprotan pestisida.

Lakukan penebangan terhadap sebagian batang utama tanaman agar jumlah cabang meningkat sehingga produktivitas tanaman jeruk lemon. Jumlah buah yang terlalu banyak pada musim panen pertama juga perlu di pangkas untuk produktivitas buah pada tahun mendatang.

E. Pemanenan Jeruk Lemon

Pastikan jeruk lemon benar-benar matang di pohon jika akan dipanen, karena jeruk merupakan buah yang hanya dapat mematangkan diri pada pohon dan apabila dipetik maka akan terhenti proses pematangannya. Usia ideal jeruk lemon untuk memanen adalah sekitar 30 hingga 36 minggu.

Jadi, sudah siap menjadi petani lemon? 

Kelangkaan gas Elpiji karena praktek pengoplosan
Fadli Zon nilai menteri ikut kampanye munculkan konflik kepentingan
IHSG anjlok mengikuti pelemahan saham global
Fadli Zon: Jokowi halusinasi
Kemunculan bendera Golkar di kampanye Prabowo adalah masalah pidana
Rizal Ramli sebut Prabowo-Sandi mampu tingkatkan daya beli masyarakat
TKN klaim hubungan luar negeri sebagai keunggulan pemerintahan Jokowi
Jangan lakukan ini sebelum bercinta dengan pasangan
Fahri Hamzah curiga tarif MRT akan mahal
Jerman nilai Rusia dibutuhkan dalam penyelesaian konflik Suriah
Fahri: Curhatan Jokowi persempit dukungan masyarakat
Mahathir Mohamad: Israel seperti perampok
IHSG akan terkoreksi wajar hari ini
Krakatau Steel siap kooperatif dengan KPK
Pemburuan liar semakin marak, Walhi desak pemerintah segera selamatkan Orang Utan
Fetching news ...