Ideas Law

Komentar pedas Fahri terkait Festival Jujur KPK

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Komentar pedas Fahri terkait Festival Jujur KPK "Mana ada prestasi KPK yang sukses dalam menangani kasus-kasus korupsi kakap?" - Fahri Hamzah

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan bahwa klaim Komisi Pemberantasan Korupsi soal kejujuran hanya dusta belaka. Pasalnya, lembaga antirasuah itu bekerja berdasarkan pesanan, bukan atas profesionalitas sebaga lembaga penegakan hukum.

"Mana ada prestasi KPK yang sukses dalam menangani kasus-kasus korupsi kakap?," kata Fahri di Jakarta akhir pekan ini.

Fahri berani menyatakan demikian karena buktinya hingga saat ini KPK tak mampu menangani sejumlah kasus besar yang merugikan keuangan negara, seperti kasus Century, kasus Pelindo II dan kasus-kasus besar lainnya.

"Mana perhitungan Rp2,3 Triliun, mana kasus Century Rp6,7 Triliun. Kenapa Sumber Waras dihentikan? Kenapa reklamasi distop? Kenapa RJ Lino 2 tahun bebas?," cecar politisi Partai Keadilan Sejahtera itu.

Karena itu, Fahri menyebut “Festival Jujur” yang digelar KPK adalah “Kampanye Dusta”. Menurutnya, KPK tidak menyukai ada konsolidasi dan tidak suka negara kompak.

"Pokonya, barisan yang kompak itu musuh mereka karena penyusupan itu metode inti mereka. Hati disusupi dengan keraguan dan saling meragukan, pikiran disusupi penyimpangan dan akhirnya langkah berantakan," sindirnya.

Fahri menyarankan supaya KPK bercermin pada hukum yang pernah dilakukan Nabi Muhammad SAW, yakni dengan lebih banyak mendekatinya dengan langkah agama dan moralitas daripada hukum.

"Jangan pakai kampanye korupsi untuk menebar kebencian yang mendorong aparat berbuat tidak adil. Perlu diingat bahwa keadilanlah yang membuat masyarakat disiplin bukan balas dendam," tegasnya.

Festival jujur

KPK menggelar kampanye untuk mencegah perilaku korup bertajuk Festival Anak Jujur 2. Peserta terbuka untuk sekolah, lembaga pendidikan atau pendidikan non formal. Melalui acara ini, KPK akan mengajarlan cara mengenali dan mencari solusi dari permasalahan sehari-hari.

Untuk SD (kelas 4-6) atau setara, dilaksanakan pada Sabtu, 2 Desember 2017, jam 08:00 sampai 17:30. Sementara itu, untuk SMP atau setara dilaksanakan pada Minggu, 3 Desember 2017, jam 08:00 sampai 12:15. Untuk SMA atau setara dilaksanakan pada Minggu, 3 Desember 2017, jam 13:15 sampai 17:30.

Kegiatan tersebut digelar di Gedung Merah Putih, jalan Kuningan Mulia, No.2, Setia Budi, Jakarta Selatan. Masing-masing sekolah yang mendaftar dapat menyertakan 15 peserta didik ditambah dua guru pendamping.

Pemerintah kenakan pajak barang tak berwujud tahun depan
Harapan Sri Sultan HB X ke advokat
Pinisi yang jadi warisan Unesco
Dana parpol di DKI rawan timbulkan kecemburuan
Kerjasama industri tingkatkan daya saing SMK
Fetching news ...