Ideas Law

Harapan Sri Sultan HB X ke advokat

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Harapan Sri Sultan HB X ke advokat Sri Sultan HB X

Sri Sultan Hamengkubuwono X di angkat menjadi anggota kehormatan Perhimpunan Advokat Indoensia (Peradi). Pengangkatan Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai anggota kehormatan Peradi dilakukan disela-sela kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Peradi ke-3 yang digelar di Keraton, Yogyakarta, Senin (11/12/2017).

Sri Sultan diangkat menjadi anggota kehormatan oleh Peradi karena dianggap berjasa dalam upaya memajukan pengembangan ilmu yang bermanfaat bagi pengembangan dan pembangunan hukum nasional dan atau telah banyak berjasa terhadap Peradi.

Ketua Peradi Nasional, Fauzie Yusuf Hasibuan mengatakan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X oleh Peradi dianggap banyak berjasa dalam upaya pengembangan hukum nasional.

"Oleh sebab itu kami putuskan untuk mengangkat beliau (Sultan) sebagai anggota Kehormatan Peradi," ujar Fauzie Yusuf Hasibuan saat membacakan surat keputusan Pengangkatan Sultan sebagai anggota kehormatan di Rakernas Peradi ke-3 di Keraton, Yogyakarta, Senin (11/12/2017).

Setelah dibacakan surat keputusan pengangkatan keanggotaan kehormatan itu, secara simbolis Sultan dipakaiankan jas Peradi oleh Otto Hasibuan selaku Ketua Dewan Pembina Peradi didampingi Fauzie Yusuf Hasibuan.

Memakai jas Peradi dan didapuk menjadi anggota kehormatan, Sri Sultan tampak berbahagia.

Harapan Sri Sultan

Dalam kata sambutannya, Sultan mengaku berbahagia bisa menjadi bagian dari Peradi. Namun, lebih dari itu, Sultan mengaku berharap pada Peradi melalui Rakernas dan Dialog kebangsaan yang digelar di Keraton, Yogyakarta ini nantinya melalui tema yang diangkat bukan hanya selesai sebatas kajian akademis semata.

"Tapi bisa menghasilkan aktualisasi dengan cara-cara yang baik. Dan harus ada rumusan yang jelas dan sosialisasi yang utuh kepada masyarakat demi terciptanya penegakan hukum yang adil," ungkapnya.

Diketahui Rekernas Peradi yang ke-3 digelar di Yogyakarta dengan mengangkat tema "Peradi sebagai Organ Negara Menjunjung Tinggi Rasa Kebangsaan Demi Terciptanya Penegakan Hukum yang Adil".

Acara Rekernas ini diikuti oleh anggota Advokat seluruh Indonesia, dengan total peserta sekitar 900 orang. Mereka datang untuk mensuskseskan Rakernas Peradi dan mengikuti dialog kebangsaan bertajuk Menilik Kebangsaan dan Keberpihakan kepada rakyat Miskin.

Hadir dalam Rakernas Peradi di Yogyakarta ini, Ketua Umum Peradi nasional Fauzie Yusuf Hasibuan, Ketua Dewan pembina Peradi, Otto Hasibuan. Tampak juga, Kepala Ombudsman RI, Prof Amzulian Rifai dan Watimpres Prof Dr. Sri Adiningsih.

Dan yang cukup menyita perhatian, tampak hadir mantan kuasa hukum Setyo Novanto, Fredich Yunadi. Turut hadir juga dalam kesempatan ini sejumlah pejabat utama lingkungan Pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Catatan tentang kekerasan terhadap perempuan sepanjang 2017
Aturan berbelit bukan prestasi
Pemetaan daerah rawan konflik Pilkada
Kekuatan Islam harus bersatu tekan Israel
Impor beras, kanker stadium 4
Fetching news ...