Rahasia unik berumur panjang

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Rahasia unik berumur panjang

Berumur panjang adalah impian setiap manusia. Bagaimana tidak? Menikmati hidup lama dan tentunya dalam keadaan sehat adalah hal yang paling diidam-idamkan banyak manusia. Tak heran, banyak yang melakukan hal-hal aneh serta unik agar kesehatan badan tetap fit sampai hari tua.

Meskipun demikian, penelitian menunjukkan bahwa umur panjang dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun, masih banyak juga terdapat beberapa kebiasaan dan aktivitas aneh yang dapat membuat anda berumur panjang seperti yang telah Rimanews rangkum, antara lain :

Mengonsumsi daging tidak lebih dari dua kali seminggu

Membatasi konsumsi daging adalah hal yang paling banyak dilakukan seseorang untuk berumur panjang. Anda dapat mengonsumsi daging sekitar 2 ons atau kurang selama 5 kali dalam sebulan. Selain itu, mengonsumsi daging juga lebih baik berasal dari hewan ternak sendiri.

Ini dikarenakan biasanya hewan yang diternak sendiri akan mencari makan dengan bebas. Hal ini mengakibatkan kemungkinan tingkat asam lemak omega 3 yang lebih tinggi.

Menambahkan setengah cangkir kacang matang ke dalam menu setiap hari

Kacang-kacangan rata-rata mengandung 21% protein, 77% karbohidrat kompleks serta sedikit lemak. Selain itu, kacang juga mengandung serat.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi kacang-kacangan setidaknya setengah cangkir dalam sehari. Kacang yang dikonsumi bisa kacang hitam, kacang kedelai, kacang polong, dan jenis kacang lainnya.

Jadikan seekor anjing sebagai teman anda

Sebuah jurnal menyebutkan bahwa dengan memiliki seekor anjing maka si pemilik akan menjadi lebih aktif sehingga menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Hal ini akan sangat menunjang kesehatan apabila si pemiliki berjalan selama 150 menit setiap minggunya bedasarkan rekomendasi dari seorang assistant Professor Webster University.

Floss setiap hari

Membersihkan gigi dengan menggunakan floss tidak hanya membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan tetapi juga mencegah terjadinya penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan pembentukan plak pada gigi.

Selain itu, pembengkakan yang terjadi akibat penumpukan bakteri ini dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke. Beberapa penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara bakteri dalam mulut dengan penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, American Dental Association merekomendasikan untuk rutin melakukan flossing minimal 1 kali seminggu.

Punya tujuan hidup

Memiliki tujuan memungkinkan anda hidup lebih lama serta membuat perbedaan. Dalam sebuah studi di New York yang dilaksanakan selama 14 tahun dan melibatkan 6000 partisipan menunjukkan bahwa orang dengan tujuan hidup yang kuat lebih mampu untuk hidup lebih lama.

 Orang dengan tujuan hidup yang jelas akan memiliki semangat serta mengambil perbedaan dan mengambil langkah-langkah yang jelas untuk hidup lebih sehat.

Mendengkur dengan keras

Kualitas tidur sangat menunjang seseorang untuk mendapatkan umur yang panjang. Beberapa studi menunjukkan adanya korelasi gangguan tidur dengan resiko kematian yang meningkat. Para ahli menyarankan untuk tidur minimal 7 jam setiap harinya.

Berumur panjang sebenarnya adalah menjalani hidup dengan bahagia. Namun, beberapa tips tadi adalah hanya sekedar faktor penyokong agar hidup bahagia terlaksana. Jadi, gimana? Sudah siap untuk berumur panjang? 

PKB siap sumbang kubu Jokowi 25 juta suara
Ini kritik PDIP terhadap Kubu Jokowi
PKB akui Ma'ruf Amin benteng Jokowi dari tuduhan anti-Islam
Suku Yei Papua sambut “kado Natal” dari prajurit TNI
Penyair Singapura baca puisi di Ruang Baca Rimba Bulan
PDIP dituding rusak atribut Demokrat, Hanura: Jangan tuduh tanpa bukti
PAN sebut yang dukung Jokowi di Sumsel bukan kadernya
Sandi sebut Jateng ingin ganti presiden, Djarot: Upaya menghibur diri
TKN: Iklan kerja kerja kerja Gerindra garing dan tak inovatif
Manajer Repsol Honda: Rossi tak bisa terima masa kejayaannya habis
Rossi bingung mengapa dirinya masih populer
PKH efektif atasi kemiskinan
Rayakan HUT, BRI beri beasiswa puluhan milyar untuk ribuan orang
IHSG diprediksi menguat tunggu putusan The Fed
Jumlah BUMN berkurang 44 dalam 14 tahun, mengapa?
Fetching news ...