Suka konsumsi wortel? Ini manfaatnya untuk tubuh!

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Suka konsumsi wortel? Ini manfaatnya untuk tubuh! Ilustrasi makan wortel.

Kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pola makan yang sehat tercermin dari makin banyaknya pilihan dalam mengonsumsi makanan seperti buah dan sayur, seiring meningkatnya kesadaran dan kebutuhan akan perlunya hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat yang diproduksi secara alami tanpa penggunaan bahan-bahan kimia serta rekayasa genetik seperti buah dan sayuran organik.

 

Indonesia merupakan negara agraris yang mempunyai hasil panen sayuran dan buah- buahan yang sangat tinggi misalnya wortel. Wortel adalah tumbuhan sayur yang ditanam sepanjang tahun, terutama di daerah pegunungan yang memiliki suhu udara dingin dan lembab, kurang lebih pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan wortel mernbutuhkan sinar matahari dan dapat tumbuh pada semua musim. 

 

Wortel terkenal karena kandungan tinggi vitamin A di dalamnya. Selain vitamin A, wortel juga memiliki kandungan vitamin lain seperti vitamin B dan E. Wortel mengandung vitamin A membantu menjaga kesejahteraan mata. Bahan utama lainnya dari wortel adalah Beta-karoten, setelah Anda mengonsumsi wortel, beta-karoten yang masuk kedalam pencernaan kita akan dikonversi menjadi vitamin A. Beberapa studi menunjukkan bahwa beta-karoten dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker.

 

Kandungan Nutrisi Wortel

 

Wortel kaya akan gizi yang memili khasiat besar untuk tubuh. Berikut merupakan kandungan dari wortel yaitu sebagai berikut:

 

1. Kandungan vitamin A

Kandungan utama wortel berupa karoten atau beta karoten yang bisa berubah menjadi vitamin A. Kandungan vitamin yang ada dalam wortel tidak hanya untuk menyehatkan penglihatan, tetapi juga untuk mencegah rabun senja, mempercepat penyembuhan luka, memperbaiki kulit, membantu hati menghilangkan toksin (racun) dalam tubuh.

 

2. Beta karoten

Kandungan beta karoten bisa untuk kekebalan tubuh Anda, sehingga mencegah Anda dari penyakit. Juga untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah penuaan dini.

 

3. Nutrisi atau gizi

Kandungan gizi atau nutrisi yang terdapat dalam wortel di antaranya, 27 mg kalsium, 26 mg fosfor, 0.5 mg zat besi, 34 mg sodium, dan 246 mg potassium. Dari banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, wortel dapat membuat sel baru serta memperkaya sel-sel yang ada, serta dapat mencegah tumbuhnya sel kanker. Selain itu, nutrisi pada wortel bisa merangsang reaksi pembersihan lemak sehingga mampu membuang lemak dengan cepat.

 

4. Kandungan potassium

Kandungan potassium pada wortel ini memiliki manfaat utama yaitu untuk menetralkan asam dalam darah yang sering menyebabkan tumbuhnya jerawat, uban di kalangan anak muda.

 

5. Mineral

Kandungan mineral yang terdapat pada wortel adalah kalium. Kalium berfungsi menjaga keseimbangan air dalam tubuh, menetralkan asam dalam darah, dan menurunkan tekanan darah.

 

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

 

Wortel mengandung karbohidrat dan serat yang baik bagi tubuh. Selain itu, dalam satu buah wortel terkandung banyak vitamin yang dapat membantu Anda merawat kesehatan tubuh, terutama vitamin A, vitamin K, potasium dan vitamin B6. Kandungan itulah yang kemudian menjadikan wortel sebagai makanan super yang baik untuk kesehatan.

 

1. Menurunkan kolesterol

Wortel kaya akan serat larut, terutama dari pektin. Kandungan itulah yang dapat membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol jahat.

 

Sebuah penelitian di AS pun membuktikan hal tersebut. Penelitian itu mengamati sejumlah peserta yang rutin mengonsumsi wortel dalam porsi tertentu selama tiga minggu. Para peneliti kemudian mengamati penurunan kolesterol yang mungkin terjadi. Dan terbukti dengan setiap hari mengonsumsi wortel, para peserta benar-benar telah menurunkan kadar kolesterol.

 

2. Mengurangi risiko kanker

Kandungan dalam wortel juga dikaitkan dengan penurunkan risiko kanker, terutama kanker paru-paru. Beta-karoten yang banyak dimiliki wortel disebut memiliki efek melindungi dari serangan kanker. Beberapa jenis kanker tersebut meliputi kanker prostat, kanker usus besar, kanker perut hingga kanker payudara. Karena wortel dapat membantu mengontrol kadar karotenoid yang berlebih pada wanita.

 

3. Baik untuk otak

Seiring bertambahnya usia, kinerja otak manusia mungkin mengalami penurunan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang mengonsumsi buah dan sayuran dapat meningkatkan kemerosotan otak hingga tiga kali lebih tinggi.

Penelitian itu pun menemukan bahwa otak memerlukan perlindungan untuk menghindari penyakit jangka panjang, termasuk pikun. Kandungan beta-karoten yang banyak ditemukan dalam wortel disebut mampu memberikan perlindungan pada otak, meskipun usia bertambah.

Seorang peneliti dari Harvard University mengamati seorang pria yang mengonsumsi 50mg suplemen yang mengandung beta-karoten setiap hari. Dia menemukan pria tersebut dapat menghindari kemerosotan otak hingga satu sampai satu setengah tahun, dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi beta-karoten sama sekali.

 

4. Diabetes

Selain untuk kesehatan otak, kandungan beta-karoten juga ampuh untuk mencegah penyakit diabetes. Dalam sebuah penelitian, seorang diabetesi yang rutin mengonsumsi wortel memiliki kadar insulin hingga 32 persen lebih tinggi dibanding yang tidak mengonsumsi sama sekali.

 

5. Kesehatan Mata

Wortel telah lama dikenal sebagai jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata. Sebab wortel memiliki kandungan vitamin A yang penting bagi mata.

Menurut Hans Fisher, PhD, seorang profesor dari Rutgers University, rutin mengonsumsi wortel dapat melindungi Anda dari penyakit mata. Seperti katarak, rabun dan masalah mata lainnya.

 

 

Kelangkaan gas Elpiji karena praktek pengoplosan
Fadli Zon nilai menteri ikut kampanye munculkan konflik kepentingan
IHSG anjlok mengikuti pelemahan saham global
Fadli Zon: Jokowi halusinasi
Kemunculan bendera Golkar di kampanye Prabowo adalah masalah pidana
Rizal Ramli sebut Prabowo-Sandi mampu tingkatkan daya beli masyarakat
TKN klaim hubungan luar negeri sebagai keunggulan pemerintahan Jokowi
Jangan lakukan ini sebelum bercinta dengan pasangan
Fahri Hamzah curiga tarif MRT akan mahal
Jerman nilai Rusia dibutuhkan dalam penyelesaian konflik Suriah
Fahri: Curhatan Jokowi persempit dukungan masyarakat
Mahathir Mohamad: Israel seperti perampok
IHSG akan terkoreksi wajar hari ini
Krakatau Steel siap kooperatif dengan KPK
Pemburuan liar semakin marak, Walhi desak pemerintah segera selamatkan Orang Utan
Fetching news ...