Dukungan terhadap boikot produk AS

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Dukungan terhadap boikot produk AS

Keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang memindahkan Kedutaan Besar dan mengakui secara resmi Yerusalem sebagai Ibukota Israel mendapat kecaman dari berbagai pemimpin dan masyarakat dunia, termasuk dari Indonesia.

Tindakan Presiden Trump ini dianggap sebagai bentuk kejahatan dan telah melanggar berbagai resolusi PBB yang ada. Tindakan ini menimbulkan gelombang protes di beberapa negara belahan dunia.

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah  menilai bahwa kebijakan Trump ini agak mencemaskan, namun dunia jangan bereaksi terlalu ekstrim karena ini salah satu bentuk provokasi dunia untuk menciptakan kekacauan sehingga kita melupakan masalah inti dari persoalannya yaitu merancang kemerdekaan Palestina.

“Trump dan Netanyahu punya motif jahat terhadap keadilan dan terhadap perdamaian, maka kita jangan terprovokasi karena mereka tidak akan lama dan akan segera berakhir,” tegas Fahri di Jakarta, kemarin.

Fahri tegaskan bahwa, Indonesia harus lebih keras bersikap bukan hanya menyesal-menyesal saja, sikap Indonesia terhadap perdamaian ini harus lebih keras sesuai dengan pesan-pesan para pendiri bangsa terutama posisi kemerdekaan Palestina.

Fahri setuju dengan adanya kegiatan sosial dengan melakukan boikot terhadap produk-produk Amerika Serikat, itu dianggap sebagai tindakan yang bisa membuat efek nyata terhadap AS.

“Sebagai gerakan sosial, boikot produk AS merupakan kegiatan positif sebagai bentuk protes, biar Amerika bangkrut sekalian atas kelakuan presidennnya ini,” kata Fahri.

“Amerika harus segera menyelesaikan Trump ini, ini satu orang bikin pusing dunia, selesaikan dong. Salah memilih pemimpin jangan kita yang pusing,” tegasnya.

Sementara itu, dalam Rapat Paripurna DPR RI, Rabu kemarin sejumlah Anggota melakukan interupsi untuk menyampaikan protes atas tindakan Presiden AS tersebut. Ketua Fraksi PPP Reni Marlinawati menyerukan pemboikotan atas produk-produk Amerika di Indonesia.

"Pemboikotan itu ingin memberi pesan bahwa bangsa Indonesia mendorong secara serius atas kemerdekaan Palestina dan menolak segala upaya pelemahan dan perjuangan rakyat Palestina," ujar Reni 

Sementara, Anggota Fraksi PDI Perjuangan Aria Bima menilai bahwa keputusan Presiden Trump menandakan Amerika Serikat mengedepankan kepentingan-kepentingan subyektifnya sendiri, tanpa ada kemauan untuk mencari jalan keluar bagi perdamaian yang komprehensif. 

Sikap presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo mengecam keras keputusan pemerintah Amerika Serikat yang mengakui secara sepihak Jerusalem sebagai ibu kota negara Israel.

Kepala Negara juga menyatakan, pengakuan sepihak tersebut telah melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB. Amerika Serikat sendiri diketahui merupakan anggota tetap dari Dewan Keamanan PBB sekaligus anggota pendiri PBB.

Secara lebih rinci, Presiden Jokowi mengeluarkan 5 sikap terkait hal tersebut:

1. Indonesia mengecam keras pengakuan sepihak Amerika Serikat terhadap Jerusalem sebagai ibu kota Israel dan meminta Amerika Serikat mempertimbangkan kembali keputusan tersebut.

2. Pengakuan sepihak tersebut telah melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB dimana Amerika Serikat menjadi anggota tetapnya. Ini bisa mengguncang stabilitas keamanan dunia.

3. Saya dan rakyat Indonesia, kita semuanya tetap konsisten untuk terus bersama dengan rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya sesuai dengan amanah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

4. Dalam beberapa hari ini, Pemerintah Indonesia telah berkomunikasi dengan negara-negara OKI agar OKI segera mengadakan sidang khusus tentang masalah pengakuan sepihak ini pada kesempatan pertama. Dan meminta PBB untuk segera bersidang serta menyikapi pengakuan sepihak Amerika Serikat.

5. Saya memerintahkan Menteri Luar Negeri untuk memanggil Duta Besar Amerika Serikat untuk langsung menyampaikan sikap Pemerintah Indonesia.

Catatan tentang kekerasan terhadap perempuan sepanjang 2017
Aturan berbelit bukan prestasi
Pemetaan daerah rawan konflik Pilkada
Kekuatan Islam harus bersatu tekan Israel
Impor beras, kanker stadium 4
Fetching news ...