Penilaian Fahri Hamzah terhadap Bamsoet

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Penilaian Fahri Hamzah terhadap Bamsoet Ketua DPR RI yang ditunjuk Partai Golkar untuk menggantikan Setya Novanto, Bambang Soesatyo (Bamsoet)

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menilai sosok kandidat Ketua DPR RI yang ditunjuk Partai Golkar untuk menggantikan Setya Novanto, yakni Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), sebagai Anggota paling aktif. Fahri pun mengaku pernah bersama dengan Bambang di Komisi III DPR.

“Dari sisi pengalaman dan penguasaan masalah, Bamsoet sudah sangat mumpuni untuk memimpin DPR,” tegas Pimpinan DPR Korkesra ini di ruang kerjanya, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (15/01/2018).

Lebih lanjut dia menyatakan, karena prinsip kerja pimpinan DPR adalah kolektif kolegial, sehingga tidak memerlukan keterampilan hanya dari seseorang pimpinan saja, tapi secara bersama-sama.

“Maka kita akan meneruskan apa yang dilaksanakan Pimpinan sebelumnya dengan Bamsoet, karena sudah saling mengenal akan lebih mudah berkoordinasi dan lagi-lagi secara kompak memimpin DPR ke depan,” harap Fahri.

Sementara itu, terkait target kerja pimpinan, menurut Fahri, karena tahun ini merupakan terakhir, maka pihaknya akan mendorong penyusunan revisi UU MD3, sehingga DPR ke depan menjadi yang lebih baik. 

“Pimpinan Dewan juga ingin meneruskan kerja-kerja penataan dan modernisasi DPR yang sudah direncanakan sejak periode kepemimpinan sebelumnya, sehingga tinggal meneruskan,” imbuh Fahri.

Memasuki tahun politik, Pimpinan DPR pun akan mengelola stabilitas politik, terutama stabilitas politik di DPR karena akan memengaruhi pergolakan politik secara nasional. “Ini tugas kita, karena Bamsoet orang lama, bersama Pimpinan lain akan mampu mengelola keadaan supaya lebih stabil,” dia mengharapkan.

Rapat Pimpinan DPR (Rapim) digelar Senin (15/01/2018) pagi ini untuk menindaklanjuti surat dari Fraksi Partai Golkar tentang penggantian Ketua DPR Setya Novanto kepada Bambang Soesatyo. Setelah Rapim kemudian diteruskan rapat Badan Musyawarah (Bamus) dan dilanjutkan Sidang Parpurna. Fahri mengharapkan prosesi penggantian Ketua DPR diharapkan sebelum tengah hari sudah selesai.

Bamsoet pilihan terbaik Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan penunjukan Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR menggantikan Setya Novanto yang menjadi terdakwa kasus e-KTP sudah sesuai mekanisme.

Airlangga menyebut pihaknya telah melakukan komunikasi dengan beberapa pengurus struktural di Partai Golkar.

"Tahapan dan mekanisme dengan para tokoh partai, seperti Dewan Kehormatan, Dewan Pakar, Dewan Pembina Partai Golkar," kata Airlangga di kawasan Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2018).

Menteri Perindustrian itu menyakini semua nama yang muncul sebagai kandidat pengganti Setya Novanto, mampu memimpin DPR. Namun, pada akhirnya memang pilihan jatuh pada Bamsoet, panggilan akrab Bambang Soesatyo.

Airlangga menyebut Bamsoet memiliki pengalaman berpolitik di lingkungan parlemen. Bahkan, dia dikenal sebagai sosok yang aktif dalam berorganisasi.

"Saudara Bambang Soesatyo yang pantas menepati Ketua DPR. Dia juga punya konseptual yang baik serta punya ide dan gagasan," jelas Airlangga.

Racun kemesraan dalam pernikahan
Demokrat upayakan Jokowi tak lawan kotak kosong
PKS minta kader belajar dari kemenangan Erdogan
Usir jerawat dengan kulit semangka
Gerindra daftarkan mantan koruptor di Pileg 2019
Ngabalin jadi komisaris Angkasa Pura, Fadli: BUMN amburadul
Bumi Manusia bukan sekadar cinta Minke dan Annelies
Politisi berbondong-bondong ke NasDem, ada apa?
Politisi terima uang transfer untuk pindah partai harus lapor KPK
Riza Chalid penampakan di acara NasDem, sudah aman?
Golkar ngotot daftarkan caleg mantan napi korupsi
Nikmati empat hari Festival Bunaken
Film ’22 Menit’ hadir di Anugrah Jurnalistik Polri 2018
Etika politik dan pindah partai
Dukung pilkada damai, Polri gelar Anugrah Jurnalistik 2018
Fetching news ...