Perhatian Jokowi untuk Habibie yang sedang sakit

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Perhatian Jokowi untuk Habibie yang sedang sakit

Presiden Joko Widodo memberikan perhatian pada kondisi kesehatan Presiden ke-3 B.J. Habibie yang sedang dirawat di sebuah rumah sakit di Munchen, Jerman. Presiden Jokowi secara khusus mengharapkan kesembuhan sang jenius.

"Bapak B.J. Habibie, Presiden Republik Indonesia ke-3, saat ini tengah dirawat di sebuah rumah sakit di Kota Munchen, Jerman," tulis Jokowi melalui akun Facebook-nya, Minggu (04/03/2018).

Presiden sendiri terus memantau perkembangan kesehatan BJ Habibie yang dilarikan ke Klinik Starnberg, Muenchen, Jerman, pada Jumat 2 Maret 2018.  Habibie didiagnosis mengalami kebocoran klep jantung.

"Saya akan mengirim dokter kepresidenan untuk memantau langsung kondisi kesehatan beliau di sana, dan pemerintah Indonesia tentu akan memberi dukungan yang terbaik untuk beliau," lanjut Jokowi.

Dia mengajak masyarakat Indonesia untuk berdoa bagi kesembuhan mantan Menristek itu. "Mari berdoa untuk kesembuhan Pak Habibie. Semoga beliau segera pulih dan kembali ke tengah-tengah kita dalam keadaan sehat seperti sediakala," tulis Jokowi.

Status Jokowi dalam akun FB-nya ini telah mendapatkan puluhan ribu like hanya dalam waktu beberapa menit sejak diunggah dan mendapatkan respons dari pengguna Facebook yang mendoakan kesembuhan B.J. Habibie.

Sakit kebocoran jantung yang dialami Habibie mirip dengan sakit yang dialami sang istri, Ainun Habibie. Sakit itu membuat air menumpuk pada paru-paru Habibie hingga 1,5 liter sehingga ia sulit bernapas di samping tekanan darah meningkat hingga 180 mmHg.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Alumni Program Habibie Bimo Sasongko menilai tepat Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie dirawat di Muenchen, Jerman.

"Kami berharap Bapak Habibie segera sembuh dan kembali beraktivitas seperti biasa. Sudah tepat dirawat di Jerman, apalagi di Muenchen dengan dokter nomor satu dunia," ujar Bimo kepada Antara di Jakarta, kemarin.

Rumah sakit di sana, kata Bimo, merupakan rumah sakit tingkat dunia khususnya penyakit jantung.

Dia mengatakan Habibie merupakan tokoh bangsa dan panutan generasi muda. Oleh karena itu, dia meminta kepada masyarakat Indonesia untuk turut mendoakan kesembuhan ahli pesawat terbang itu.

Sebelumnya, The Habibie Center membenarkan kondisi kesehatan Habibie menurun karena faktor kelelahan. Habibie dinyatakan dalam keadaan yang cukup baik serta bersemangat dalam menjalani seluruh rangkaian pemeriksaan.

Perhatian pemerintah Jerman

Pemerintah Jerman memberikan perhatian penuh terhadap Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie yang tengah menjalani perawatan di Klinik Starnberg, Muenchen, Jerman.

"Pemerintah Jerman melalui Kantor Kanselir Angela Merkel sudah mengetahui keadaan kesehatan bapak BJ Habibie saat ini, dan sudah menelepon langsung Bapak BJ Habibie. Pemerintah Jerman memberikan perhatian penuh, dan menawarkan apa yang bisa dibantu," ujar sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubijanto, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (3/3) malam.

Rubijanto mengulas, dirinya telah melakukan sambungan telepon langsung dengan BJ Habibie pada Kamis (1/3). Menurutnya, saat itu BJ Habibie dengan suara parau menjelaskan bahwa dirinya merasakan sesak bernapas pada Selasa 27 Februari 2018.

Kala itu, kata Rubijanto, rekan-rekan Habibie langsung membawa suami dari almarhumah Hasri Ainun Besari itu ke Klinik Starnberg di Muenchen, Jerman. Tim dokter langsung memeriksa Habibie.

Dokter di Muenchen memberikan dua opsi bagi Habibie, yakni segera menjalani operasi Jantung atau menempuh pengobatan/tindakan dengan cara yang lebih canggih.

Menurut informasi yang diperoleh Rubijanto, Habibie tidak menghendaki tindakan operasi Jantung, dan lebih memilih operasi dengan metode baru yang lebih canggih.

Sejauh ini tim dokter telah memasang kateter melalui mulut untuk mengetahui persisnya kebocoran klep Jantung dan untuk menentukan tindakan mana yang lebih tepat untuk ditempuh.

Rubijanto mengatakan Habibie berharap pada pelaksanaan tindakan operasi Jantung di Muenchen nantinya dapat dihadiri atau disaksikan oleh paling tidak dua dokter spesialis jantung dari Tim Dokter Kepresidenan RI dan seorang personil Paspampres.

"Beliau harapkan seluruh biaya perawatan dan tindakan medis yang timbul di Muenchen, ditanggung oleh Pemerintah RI sesuai Undang-undang yang berlaku," kata Rubijanto.

Rubijanto telah menyampaikan kepada Habibie seluruh kolega di Jakarta ikut merasakan prihatin atas kesehatan Habibie dan mendoakan semoga Habibie segera sembuh dan lekas kembali ke Jakarta.

Lantik Wakapolri Syafruddin, Jokowi amankan suara Polri?
Soal tuntutan rotasi jabatan yang tak transparan, ini jawaban KPK
Orang Indonesia paling nggak bisa <i> nyusu </i>
Ma'ruf Amin perintahkan NU ancam Jokowi hanya tafsiran Mahfud MD
3 kali mogok dalam 12 hari, LRT Palembang 95 persen produk lokal
Legislator minta dalang pembakaran satu keluarga dihukum mati
Kubu Jokowi ingin Ma'ruf temui Rizieq di Mekkah
Ahok bakal terjun kampanye untuk Jokowi?
Ma'ruf Amin bapak ekonomi kaum tertindas
Realisasi investasi triwulan kedua turun 4,9 persen
Sandiaga Uno akui kekayaannya fluktuatif
Jangan khianati nenek moyang yang hadirkan kedamaian di bumi pertiwi
Rupiah masih terseok di atas Rp14.600
Cari istri perawan? di sini tempatnya
Sunan Kalijaga janji tak akan sebar hoaks demi menangkan Jokowi
Fetching news ...