Priyo Budi Santoso ke kubu Cendana

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Priyo Budi Santoso ke kubu Cendana Politikus Golkar Priyo Budi Santoso

Politikus Golkar Priyo Budi Santoso menjadi kandidat kuat untuk posisi Sekretaris Jenderal Partai Berkarya besutan putra Presiden RI kedua Suharto, Hutomo Mandala Putra yang akrab disapa Tommy Suharto.

"Dapat kami informasikan calon sekjen kami yang baru itu Pak Priyo Budi Santoso," beber Ketua DPP Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang saat hadir sebagai penanggap hasil survei Charta Politika Indonesia tentang elektabilitas cagub dan cawagub Jawa Timur di Jakarta, Rabu (21/03/201).

Pernyataan Badar itu menjawab pertanyaan kontribusi Partai Berkarya dalam mendukung pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak pada Pilgub Jatim.

Awalnya Badar mengungkapkan bahwa Pangeran Cendana itu telah menginstruksikan seluruh kader di Jawa Timur mendukung Khofifah-Emil.  Kemudian dia membeberkan dalam waktu dekat

Priyo akan menjadi Sekjen Berkarya. Kehadiran Priyo yang berasal dari Jawa Timur, menurut dia, akan menambah nyata dukungan Partai Berkarya kepada Khofifah-Emil.

Selama ini, Priyo Budi Santoso dikenal publik sebagai politikus Golkar. Belum diketahui pasti terkait kebenaran informasi serta alasan Priyo mundur dari Golkar dan menjadi Sekjen Partai Berkarya.

Saat ditanya lebih jauh soal posisi Priyo sebagai Sekjen Partai Berkarya, Badar mengungkapkan bahwa kepindahan Priyo dari Golkar ke Partai Berkarya atas ajakan Tommy Suharto.

Badar menekankan Priyo memilki hak untuk menyalurkan hak politiknya. Meskipun telah sarat pengalaman di Golkar, namun Partai Berkarya dapat menjadi kendaraan politik untuk memperjuangkan visi-misi bagi bangsa.

Terlebih, kata dia, Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Suharto juga mantan kader Golkar yang kerap berkomunikasi dengan Priyo.

Badar mengatakan partainya membutuhkan kader profesional berpengalaman untuk memenangi Pemilu 2019.

Saat ditanya apakah Partai Berkarya akan mengajak Titiek Suharto bergabung, Badar menampik.

"Mbak Titiek kan sudah `happy` di Golkar. Mungkin kami mengajak Mbak Tutut," ungkap Badar.

Secara terpisah Wasekjen Golkar Sarmuji mengatakan sampai saat ini belum ada surat atau pernyataan resmi dari Priyo tentang pengunduran diri dari Golkar.  Namun, kata Sarmuji, jika benar Priyo akan menjadi Sekjen Berkarya, hal itu menandakan bahwa kader Golkar banyak yang memiliki kemampuan sehingga dilirik partai lain.

"Tidak apa, bagus. Kalau Pak Priyo jadi Sekjen Berkarya, itu menandakan kalau memang kader Golkar banyak yang bagus sehingga dilirik partai lain," ujar Sarmuji.

Sarmuji menekankan Partai Golkar selalu merawat kader dengan baik, namun jika ada kader yang berpindah partai karena merasa ada peluang lebih baik, maka Partai Golkar tidak dapat menahannya.

"Yang bisa kami lakukan adalah membentengi partai supaya seandainya ada yang pindah partai, Golkar tetap bertahan dan malah semakin lama semakin besar," kata Sarmuji.

Sebagai informasi, Partai Berkarya didirikan pada Juli 2016 dan disahkan pemerintah pada bulan Oktober 2016. Partai ini menonjolkan sosok Tommy Soeharto sebagai salah satu bakal capres pada tahun 2019.

Partai Berkarya merupakan fusi dari dua partai yakni Partai Nasional Republik dan Partai Beringin Karya.

Pada tahap verifikasi faktual di tingkat pusat, Partai Berkarya sempat dinyatakan tidak lolos akibat bendahara umumnya tidak hadir.

Namun, setelah KPU mendatangi RS Abdi Waluyo, tempat bendahara umum Partai Berkarya dirawat karena sakit, partai itu dinyatakan lolos memenuhi syarat.

Sementara itu, Tommy sebelum masuk ke Partai Berkarya sudah terlebih dulu masuk ke Partai Golkar yang dulu dipimpin ayahnya.

Dia pernah masuk dalam bursa ketum Partai Golkar di tahun 2009, namun gagal. Setelah itu, nama Tommy terlihat tak terlalu aktif terlibat di internal partai yang menjadi mesin utama kekuasaan Orde Baru itu, kecuali saat ada konflik kepengurusan antara kubu Abu Rizal Bakrie dan Agung Laksono.

Setelah lama tidak aktif, Tommy pun memilih hengkang dan bergabung ke Partai Berkarya.

Israel akan terus serang Suriah meski dibantu Rusia
Rizieq Shihab didiskriminasi di Arab Saudi
 Disoraki mahasiswa saat sebut Prabowo, Zulhas anggap bagian dari ekspresi
Rusia tuding Israel penyebab jatuh pesawat Ilyushin II-20
Rahasia menghasilkan anak seperti Sandiaga Uno
Meskipun menang pilpres, Prabowo tak bisa intervensi kasus Buni Yani
Golkar panggil caleg yang dukung Prabowo
 Fadli Zon laporkan balik Rian Ernest soal potong bebek angsa PKI
Berebut magnet Yenny Wahid
Bamsoet harap Yenny Wahid dukung Jokowi
Golkar anggap dukungan kadernya ke Prabowo bukan suara resmi partai
Forum caleg Golkar dukung Prabowo-Sandiaga Uno
Golkar nilai perempuan penentu utama, bukan objek pelengkap
Menyusui tandem butuh dukungan ayah ASI
Mardani dapat tugas kawal suara emak-emak
Fetching news ...